Administrasi Pembukaan Rekening Giro Rupiah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jember
Abstract
Dalam perkembangan jaman modern saat ini, industri perbankan
merupakan komponen yang sangat penting dalam perekonomian demi menjaga
keseimbangan dan kemajuan ekonomi nasional. Stabilitas industri perbankan
mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan. Oleh karena itu bank
mempunyai peran penting untuk membiayai pertumbuhan ekonomi dan
mendorong perekonomian menjadi lebih efisien dan dinamis.
Menurut Undang-Undang Perbankan Nomor 10 tahun 1998 bahwa bank
adalah badan usaha yang berfungsi menghimpun dana dari masyarakat dalam
bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk
kredit atau juga bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup
rakyat. Tujuan perbankan adalah untuk menunjang pelaksanaan pembangunan
nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan
stabilitas nasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat. Bank merupakan
lembaga keuangan yang menjadi tempat bagi perusahaan, badan-badan
pemerintah, swasta maupun perorangan dalam kegiatan menyimpan dana. Dan
salah satu bank di Jawa Timur yang menyediakan layanan tersebut adalah PT
Bank Rakyat Indonesia yang ada di Jember.
PT. Bank Rakyat Indonesia adalah bank milik pemerintah yang terbesar di
Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah
oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en
Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau “Bank Bantuan dan Simpanan Milik
Kaum Priyayi Purwokerto”, suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang
berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16
Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Salah satu
Bank Rakyat Indonesia di Jawa Timur itu sendiri yaitu Bank Rakyat Indonesia
Cabang Jember memberikan fasilitas atau layanan untuk nasabah yaitu
tabungan, deposito dan giro.
Giro adalah simpanan pihak ketiga dalam mata uang rupiah (IDR) dan
valas yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan
cek atau bilyet giro. Banyak perusahaan membutuhkan jasa simpanan giro ini
untuk membantu melancarkan bisnisnya apalagi dalam hal transaksi keuangannya.
Tidak hanya perusahaan saja tetapi karyawan dan pengusaha lainnya juga
membutuhkan. Nasabah bisa membuka rekening giro pada bank dengan
ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan dan dapat bertransaksi dimana saja
dengan jumlah uang yang cukup besar, serta menikmati segala fasilitas yang
diberikan rekening giro kepada nasabah giro. Contohnya adalah Rekening Giro
PT Bank Rakyat Indonesia mendapatkan keuntungan yaitu kartu giro BRI
dilengkapi dengan fasilitas kartu ATM atau debit untuk memudahkan transaksi
nasabah, dan fasilitas lainnya yang diberikan yaitu BRI Virtual Account (Briva)
dan fasilitas e-banking yaitu mobile banking dan internet banking.
Berdasarkan uraian tersebut, maka Laporan Praktek Kerja Nyata ini
mengambil judul ”Administrasi Pembukaan Rekening Giro Rupiah Pada PT Bank
Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Cabang Jember”.
Collections
- DP-Financial Accounting [181]