Pengaruh Media Phet Physics Education Technology Pada Pembelajaran Ipa Materi Getaran Dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa DI Smp
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam yang biasa kita kenal dengan IPA adalah salah satu materi pembelajaran yang di ajarkan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajari gejala – gejala alam yang meliputi mahluk hidup dan mahluk tak hidup. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari dijenjang pendidikan dasar sampai menengah yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar. Dengan demikian, IPA merupakan mata pelajaran di SMP yang mempelajari gejala – gejala alam dimana IPA juga berperan penting dalam kemajuan teknologi. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran sangat di butuhkan untuk menambah pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran IPA. Salah satu jenis dari media pembelajaran yaitu media berbasis Information, Communication, and Technology (ICT). Pemanfaatan media berbasis ICT perlu memperhatikan beberapa teknik agar media dapat digunakan secara maksimal dan tidak menyimpang dari tujuan media dibuat yaitu untuk membantu memudahkan siswa dalam belajar. Perkembangan media pembelajaran berbasis ICT salah satu diantaranya ialah simulasi PhET (Physic Education and Technology) yang digunakan sebagai media pembelajaran pada materi IPA. Media pembelajaran menggunakan simulasi PhET adalah salah satu dari media pembelajaran yang yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengkaji pengaruh penggunaan simulasi PhET pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar siswa SMP, (2) Mengkaji pengaruh simulasi PhET pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.