Peran Literasi Media Dalam Perubahan Perilaku Belanja Pada Perempuan DI Kabupaten Jember
Abstract
Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh merambahnya pemakaian internet disemua kalangan masyarakat. Dimana banyak kemudahan yang ditawarkan media teknologi dan internet termasuk sebagai alat untuk berbelanja. Namun dilain sisi banyak perempuan yang masih meragukan belanja melalui media berbasis internet. Hal ini disebabkan barang yang akan dibeli tidak bisa dilihat secara langsung, sehingga kualitas barang diragukan. Permasalahan ini juga terjadi pada perempuan di Kelurahan Sumbersari Kabupaten Jember, dimana telah banyak perempuan yang memiliki akses internet, namun belum diimbangi dengan minat transaksi atau belanja online. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperapa besar pengaruh peran literasi media dalam perubahan perilaku belanja pada perempuan di Kabupaten Jember. Sehingga hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai literatur apabila akan melaksanakan pendidikan literasi media pada perempuan, utamanya yang berhubungan dengan kegiatan transaksi atau belanja online.
Penelitian ini meggunakan jenis data kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebangayak 30 orang yang tergabung dalam PKK RW 35 Kelurahan Sumbersri, Kabupaten Jember. Pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan scoring dan coding pada data penelitian untuk mempermudah proses analisis. Analisis data sendiri menggunakan regresi linier sederhana yang dihitung penggunakan aplikasi SPSS versi 22.