Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas VIII Smpn 11 Jember Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Jung
Abstract
Matematika merupakan suatu bidang ilmu yang universal dan memiliki karakteristik salah satunya adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor kepribadian menurut Jung. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang analisis kesalahan siswa secara mendetail dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan analisis kesalahan Newman ditinjau dari tipe kepribadian menurut Jung agar pendidik mampu mengenali kemampuan yang dimiliki siswanya serta jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret aritmatika beserta penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa Extrovert, dan Introvert kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan teori Newman.
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di SMPN 11 Jember di kelas VIII F dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket MBTI, soal barisan dan deret aritmatika, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pemilihan siswa dari kelas VIII F sebagai subjek penelitian dikarenakan siswa pada kelas ini lebih kondusif dibanding kelas lain. Setelah dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket MBTI dan tes soal materi barisan dan deret aritmatika, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes. Pemilihan subjek wawancara sebanyak 7 siswa, yang terdiri dari 4 siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan 3 siswa dengan tipe kepribadian introvert berdasarkan kesalahan terbanyak dari tiap kategori kepribadian extrovert dan introvert dan dapat dianalisis Kesalahannya.