• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas VIII Smpn 11 Jember Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Jung

    Thumbnail
    View/Open
    Dinda Maharani Widodo-160210101011 Sdh.pdf (3.363Mb)
    Date
    2020-04-16
    Author
    Widodo, Dinda Maharani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan suatu bidang ilmu yang universal dan memiliki karakteristik salah satunya adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Kesalahan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor kepribadian menurut Jung. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang analisis kesalahan siswa secara mendetail dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan analisis kesalahan Newman ditinjau dari tipe kepribadian menurut Jung agar pendidik mampu mengenali kemampuan yang dimiliki siswanya serta jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret aritmatika beserta penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa Extrovert, dan Introvert kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan teori Newman. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di SMPN 11 Jember di kelas VIII F dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket MBTI, soal barisan dan deret aritmatika, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pemilihan siswa dari kelas VIII F sebagai subjek penelitian dikarenakan siswa pada kelas ini lebih kondusif dibanding kelas lain. Setelah dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket MBTI dan tes soal materi barisan dan deret aritmatika, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes. Pemilihan subjek wawancara sebanyak 7 siswa, yang terdiri dari 4 siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan 3 siswa dengan tipe kepribadian introvert berdasarkan kesalahan terbanyak dari tiap kategori kepribadian extrovert dan introvert dan dapat dianalisis Kesalahannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101251
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository