MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS X-4 SMAN 1 TANGGUL JEMBER DALAM MENGAPRESIASI CERITAPENDEK DENGAN TEKNIKTEATER PIKIRAN
Abstract
Hasil dalam penelitian ini kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas X-4
SMA Negeri 1 Tanggul dengan menggunakan teknik teater pikiran mengalami
peningkatan. Peningkatan mengapresiasi cerpen dilihat dari hasil belajar siswa yang
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada tahap prasiklus, siswa yang
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mengapresiasi cerpen dengan
nilai 75 adalah 39% atau 16 siswa dari 41 siswa, dan pada siklus I siswa yang
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam mengapresiasi cerpen dengan
nilai 75 adalah 95% atau 37 siswa dari 39 siswa. Bagi 2 siswa yang belum
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) diberikan bimbingan secara individu.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran mengapresiasi cerpen pada
siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Tanggul dengan menggunakan teknik teater pikiran
berlangsung dengan sistem pembelajaran kognitif, emotif, dan reflektif. Kemampuan
mengapresiasi cerpen mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus 39%, dan siklus I
95% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya saran
yang diberikan yaitu 1) Guru bahasa Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai teknik pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan mengapresiasi cerpen, dan 2) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian
ini dijadikan sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan
menggunakan teknik teater pikiran.