Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbasis Scaffolding Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Abstract
Teknologi yang berkembang pesat di era globalisasi saat ini, maka
terdapat adanya perubahan-perubahan signifikan. Guru dituntut untuk memiliki
pemahaman tentang paradigma pembelajaran abad ke-21 menjadi hal yang
penting dan diterapkan sebagai kerangka pedagogis dalam proses pembelajaran.
Ketermapilan abad ke 21 mengarah pada keterampilan berfikir tingkat tinggi.
Salah satu ketrampilan berfikir tingkat tinggi adalah keterampilan bernalar.
Keterampilan pengambilan keputusan di Sekolah menengah ke atas di Kabupaten
Jember berada dalam kategori kurang baik. Pembelajaran Fisika terkadang kurang
mengeksplorasi kemampuan berpikir atau bernalar. Apablia kemampuan
penalaran ilmiah (Scientific Reasoning) siswa masih rendah, maka siswa akan
mengalami kesulitan ketika menyelesaikan masalah, begitu juga sebaliknya. Salah
satu model pembelajaran yang efektif adalah model pembelajaran Collaborative
Creativity (CC). Selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan pembelajaran
untuk mendampingi model tersebut agar dapat maksimal dalam mencapai tujuan
yaitu scaffolding. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh model
pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berbasis Scaffolding terhadap
kemampuan Scientific Reasoning dan hasil belajar fisika siswa SMA.