dc.description.abstract | Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan karakter yang optimal,
karena pada masa ini anak berada dalam tahap operasional konkrit. Permasalahan
akan lebih mudah dipahami oleh siswa apabila dihubungkan melalui benda,
kegiatan, maupun peristiwa konkrit yang ada di sekitarnya. Begitu juga dengan
pendidikan karakter, sesuai dengan tahap berpikir siswa SD yang masih suka
bermain, guru dapat membelajarkan nilai-nilai karakter melalui kegiatan
bernyanyi. Seperti dalam pembelajaran yang dikemas oleh guru dalam kegiatan
bernyanyi lagu anak karya A.T. Mahmud di sela-sela proses pembelajaran.
Pengenalan lagu anak menjadi salah satu kegiatan yang penting dalam
pelaksanaan pembelajaran di SD khususnya pada kelas rendah. Hal ini
dikarenakan lagu anak dianggap mampu mempengaruhi perkembangan pribadi
anak, baik menyangkut aspek perkembangan motorik, bahasa, emosi, sosial, dan
intelegensi. Segala hal yang berhubungan dengan lagu, baik dari segi bahasa,
pelafalan, notasi, maupun lirik lagu dapat menciptakan suasana belajar menjadi
lebih bermakna. Pesan moral yang terkandung dalam lirik lagu yang sering
dinyanyikan akan lebih cepat tersampaikan kepada anak, sehingga upaya
pendidikan karakter lebih optimal. | en_US |