• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penalaran Matematis Siswa Sma Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmetika Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford

    Thumbnail
    View/Open
    Ana Masuda-160210101096 #.pdf (2.180Mb)
    Date
    2020-02-08
    Author
    Masuda, Ana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah siswa dapat menguasai dan menggunakan kemampuan penalarannya. Materi matematika dapat dipahami melalui proses penalaran dan penalaran dapat dipahami sekaligus dilatih melalui proses belajar matematika. Sebelum menggunakan penalaran dalam mempelajari matematika tentunya haruslah memahami materi terlebih dahulu. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah gaya belajar siswa. Gaya belajar siswa juga berpengaruh dalam sejauh mana siswa mampu memahami suatu materi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang analisis penalaran matematis siswa secara mendetail dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran matematis siswa aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di SMAN 4 Jember di kelas XI MIPA 5 dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket gaya belajar Honey-Mumford, tes penalaran matematis, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Pemilihan siswa dari kelas XI MIPA 5 sebagai subjek penelitian dikarenakan terdapat keragaman gaya belajar, yaitu aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis. Setelah dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket gaya belajar dan tes penalaran matematis, selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal tes. Pemilihan subjek wawancara sebanyak 8 siswa, yang terdiri dari 2 siswa dari masing-masing gaya belajar berdasarkan kecenderungan kesamaan penalaran yang ditampilkan masing-masing gaya belajar. Untuk mendapatkan keabsahan data maka dilakukan triangulasi metode, yaitu dengan cara menyelaraskan analisis data hasil tes penalaran matematis dan data hasil wawancara terhadap siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101194
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository