Inovasi BMW (Berkas Mlaku Dhewe) Dalam Pelayanan Terpadu Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo
Abstract
mendeskripsikan dan menganalisis inovasi BMW
(Berkas Mlaku Dhewe) dalam pelayanan terpadu Kecamatan Sukodono Kabupaten
Sidoarjo untuk melihat inovasi proses pelayanan yang terjadi di Kecamatan
Sukodono yang muncul karenan keluhan masyarakat tentang pelayanan
administratif yang dinilai kurang efektif dan efisien dikarenakan memerlukan
waktu lama dan banyak tenaga yang dikeluarkan karena harus bolak-balik ke
Kantor Kecamatan. Selanjutnya untuk melihat inovasi proses pelayanan BMW
(Berkas Mlaku Dhewe) di Kantor Kecamatan Sukodono digunakan analisis yang
sesuai dengan teori yang digunakan oleh peneliti. BMW (Berkas Mlaku Dhewe)
merupakan merupakan aplikasi yang menghubungkan pemerintahan desa dan
kecamatan untuk menyederhanakan, memudahkan dan mendekatkan pelayanan
kepada masyarakat, aplikasi BMW merupakan aplikasi berbasis web yang bisa
diakses melalui intranet maupun internet. Pada penelitian ini untuk mengukur
inovasi proses pelayanan menggunakan aplikasi BMW dalam pelayanan terpadu
Kecamatan, indikator inovasi proses pelayanan yang terdiri dari beberapa prinsip
yaitu, inovasi dilangsungkan pada level tata laksana rutin; proses kerja yang
dilakukan menjadi semakin mudah, cepat dan efektif; pihak yang berwenang
menjadi semakin sedikit dan duplikasi atau tumpang tindih tahapan menjadi hilang.