Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Respon Pasar Pada Perusahaan Agroindustri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Laporan keuangan dan tahunan merupakan sumber informasi mengenai
kinerja dari suatu perusahaan. Laporan keuangan dan tahunan dijadikan sarana bagi
investor untuk mengetahui kinerja dan perkembangan perusahaan secara periodik.
Salah satu informasi yang terkandung dalam laporan tahunan adalah pengungkapan
Corporate Social Responsibility. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam laporan tahunan
perusahaan berpengaruh terhadap respon pasar yang diproksi dengan Commulative
Abnormal Return.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility
tidak berpengaruh terhadap respon pasar. Hal ini disebabkan karena pengungkapan
Corporate Social Responsibility dalam laporan tahunan masih sedikit dari total indek
yang ada dalam GRI Standar. Pengungkapan Corporate Social Responsibility masih
berfokus pada dimensi ekonomi. Selain itu, penilaian pengungkapan Corporate
Social Responsibility berdasarkan Indek GRI Standar masih secara kuantitas. Indek
GRI Standar belum dapat menilai kualitas pengungkapan Corporate Social
Responsibility