dc.description.abstract | Partisipasi orang tua adalah keterlibatan mental dan emosi dari orang tua untuk ikut serta dalam perkembangan pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah, dimana keterlibatan tersebut dititikberatkan pada pemberian yang bersifat pemikiran, material maupun tenaga, sedangkan pendidikan anak adalah pembinaan kepribadian, pengembangan kemampuan, atau potensi yang perlu dikembangkan dalam diri anak, serta tujuan ke arah mana anak dapat mengaktualisasikan dirinya seoptimal mungkin. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Manfaat penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mencari pengaruh antara partisipasi orang tua dengan pendidikan anak dengan jumlah responden 23 wali murid dengan menggunakan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari
angket untuk partisipasi orang tua dan pendidikan anak yang diberikan kepada wali
murid peseta didik di PAUD Ananda Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten
Bondowoso. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan
dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier
Sederhana dengan alasan untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap
pendidikan anak usia dini. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha “ada pengaruh
antara partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda
Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso”, dan Ho “tidak ada pengaruh
antara partispasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di PAUD Ananda
Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso”.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik
mempergunakan rumus Regresi Linier Sederhana diperoleh nilai F-hitung (Fh)
sebesar 8,46 dan untuk F-teoretis (Ft) sebesar 4,32 dengan taraf signifikansi 5 %
untuk N=23, karena nilai Fh > Ft dapat disimpulkan bahwa hasil analisis tersebut
sangat signifikan, yaitu menolak hipotesis nihil dan menerima hipotesis kerja.
Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut diketahui bahwa tingkat partisipasi orang
tua sangat besar terhadap pendidikan anak-anaknya. | en_US |