Implementasi Alat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak Tentang Budaya Osing di TK Negeri Pembina Banyuwangi
Abstract
Alat permainan edukatif (APE) yang diimplementasikan
dalam penelitian ini berupa Pop Up Book dengan tema Budaya Osing.
Kebudayaan merupakan salah satu aset kearifan lokal bangsa Indonesia
yang patut untuk dilestarikan secara turun temurun sebagai identitas
bangsa agar tidak punah di era globalisasi ini. Osing merupakan salah
satu budaya lokal di Banyuwangi yang harus dikenalkan sejak dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah memberi pemecahan masalah pada
peningkatan pengetahuan tentang budaya Osing pada anak kelompok A
di TK Negeri Pembina Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan
berupa Penelitian Tindakan (Action Research) yang dilakukan dalam
bentuk siklus tindakan. Penelitian ini secara teoritik memiliki manfaat
meningkatkan pengetahuan anak tentang budaya Osing sedangkan secara
aplikatif hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan dalam pendidikan anak
khususnya dalam meningkatkan pengetahuan budaya Osing melalui
implementasi APE Pop Up Book. Keberhasilan desiminasi hasil
penelitian ini pada masyarakat luas akan menguatkan keilmuan
pendidikan anak usia dini yang dikembangkan pada lingkup universitas,
sehingga perguruan tinggi akan menjadi pusat penemuan solusi dari
permasalahan yang ada di masyarakat.
Collections
- LSP-Papers [138]