• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI SDN PADOMASAN 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/ 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Devi Hayuningati_001.pdf (189.2Kb)
    Date
    2013-09-11
    Author
    DEVI HAYUNINGATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. SDN Padomasan 01merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Jombang Kabupaten Jember yang masih menggunakan metode ceramah serta media buku paket dan LKS. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Padomasan 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran? 2) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran pada pelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya? 3)bagaimanakah peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran pada pelajaran IPS pokok bahasan Suku Bangsa dan Budaya? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui langkah-langkah penerapan Video Pembelajaran siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012. 2)meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran . 3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/ 2012 melalui penerapan Video Pembelajaran Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Video Pembelajaran dan desain dari penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 3 orang observer. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa, diketahui pada siklus 1 presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,88% sedangkan pada siklus 2 presentase yang diperoleh mencapai 83,33%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan motivasi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,45%. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 64,70% dari 34 siswa, 22 siswa telah tuntas dan 12 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 82,35% dari 34 siswa, 28 siswa telah tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 17,65%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan suku bangsa dan budaya di SDN Padomasan 01 Kecamatan Jombang kabupaten Jember. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan Video Pembelajaran yaitu guru harus senantiasa menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembalajaran untuk mengembangkan susana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1009
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository