Pengaruh Atmosfer Kafe Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Kafe Waralaba Hunt DI Jember
Abstract
Waralaba berasal dari dua gabungan kata wara yang berarti lebih dan laba
artinya keuntungan. Sehingga waralaba merupakan suatu usaha yang
memberikan keuntungan lebih. Bisnis waralaba di Indonesia dibedakan menjadi
beberapa jenis bisnis waralaba, namun bisnis waralaba makan dan minuman
dengan konsep kafe waralaba yang banyak diminati pelaku bisnis. Persaingan
yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis dituntut untuk menggunakan
strategi yang dapat menarik konsumen dalam upaya untuk menambah dan
mempertahankan konsumennya. Perancangan atmosfer kafe dan penciptaan
kualitas layanan perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis kafe waralaba untuk
meyakinkan dan mempengaruhi konsumen agar menumbuhkan minat untuk
membeli ulang terhadap produk dimasa yang akan datang. Kafe waralaba dengan
konsep waralaba hunt ada dua yaitu J.CO Donuts & Coffee dan Mokko Factory.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atmosfer
kafe dan kualitas layanan terhadap minat pembelian ulang pada kafe waralaba
hunt di Jember. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
link kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen kafe
waralaba hunt di Jember. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan
metode purposive kuota sampling dengan beberapa syarat. Variabel independen
yaitu Atmosfer Kafe dan Kualitas Layanan serta variabel dependen yaitu Minat
Pembelian Ulang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi
linier berganda