Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Manajemen sarana dan prasarana sangat dibutuhkan oleh lembaga sekolah dalam proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen dilakukan oleh pengelola sarana dan prasarana dalam melakukan perencanaan atau analisis kebutuhan sarana dan prasarana, pengadaan sarana dan prasarana, penginventarisasian sarana dan prasarana, penggunaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana, penghapusan sarana dan prasarana, dan pertanggung jawaban sarana dan prasarana. TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso sesuai dengan standar sarana dan prasarana yang dibuktikan dengan Akreditasi A pada tahun 2007 yang ditetapkan pada 17 Desember 2007 di Jakarta dan berlaku sampai 2013. TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso melakukan akreditasi kembali pada 3 Agustus 2018. Sarana dan prasana di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso yaitu memiliki luas sekolah 1.339 m2, terdapat enam sentra yaitu sentra imtaq, sentra balok, sentra seni, sentra peran, sentra persiapan, dan sentra bahan alam. Terdapat kantor, ruang tamu, UKS, toilet, playground, pagar, dan halaman.
Melihat pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga penulis tertarik meneliti tentang “Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019?”, sedangkan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan
x
prasarana di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yakni pengelola sarana dan prasarana TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu pengelola sarana dan prasarana dan informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Bondowoso dikelola oleh seksi sarana dan prasarana. Manajemen yang dilakukan berupa perencanaan atau analisis kebutuhan, pengadaan, penginventarisasian, penggunaan, pemeliharaan, penghapusan dan pertaggungjawaban. Manajemen sarana dan prasarana dikelola oleh seksi sarana dan prasarana yang bertanggungjawab kepada kepala sekolah. Proses perencanaan sarana dan pasarana dimulai dengan kegiatan perencanaan yang dilakukan sebelum tahun ajararan dengan dilakukan koordinasi dengan bagian kurikulum umum dan agama dan bendahara, kemudian diajukan kepada kepala sekolah untuk mengetahui disetujui atau tidak. Proses pengadaan dilakukan bersama dengan mitra eksternal. Dana pengadaan didapatkan dari BOP, Yayasan, dan SPP perbulan. Peginventarisasian yang dilakukan secara rutin 1 bulan sekali oleh seksi sarana dan prasarana. Penggunaan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Pemeliharaan yang dilakukan secara terus menerus, berkala, tidak terduga, dan preventif. Penghapusan dilakukan terhadap barang yang rusak atau tidak layak digunakan untuk proses pembelajaran. Pertanggungjawaban dilakukan dengan pelaporan tahunan kepada yayasan dan pemerintah.