HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPUTER DENGAN KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL) WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C KELAS X DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Dalam penelitian ini responden diambil dengan teknik purposive sampling.
Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam
penelitian ini yaitu 15 Warga Belajar dari 24 Warga Belajar Kejar Paket C Kelas
X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011.
Lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di Unit Pelaksana Teknis
Dinas Sanggar Kegiatan Belajar jalan Letnan Rantam nomor 01 Kabupaten
Bondowoso. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data
sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
angket, observasi, dan dokumentasi. Desain yang digunakan penulis dalam
penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis data secara
inferensial kuantitatif dengan korelasi tata jenjang.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis korelasi Tata
Jenjang/Spearman’s Rho tentang pelaksanaan pembelajaran komputer dengan
kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar paket C kelas X diperoleh hasil
rho hitung 0,817 dengan tingkat korelasi tinggi. Dalam penelitian ini perlu
disampaikan beberapa saran yaitu pelaksanaan pembelajaran komputer agar lebih
ditingkatkan kualitasnya agar kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar
paket C kelas X dapat lebih meningkat sesuai dengan tuntunan zaman dan dapat
bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Dengan demikian dalam
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Pelaksanaan
Pembelajaran Komputer Dengan Kecakapan Hidup (Life Skill) Warga Belajar
Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Bagi
Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten
Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011.