dc.contributor.advisor | HARIJANTO, Alex | |
dc.contributor.advisor | YUSHARDI | |
dc.contributor.author | JANNAH, Miftachul | |
dc.date.accessioned | 2020-08-25T03:25:16Z | |
dc.date.available | 2020-08-25T03:25:16Z | |
dc.date.issued | 2020-02 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100654 | |
dc.description.abstract | Fisika dikenal sebagai mata pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa.
Sebagian besar siswa menganggap fisika pelajaran yang rumit. Dilain pihak, tidak
semua materi yang disampaikan oleh pendidik dapat diterima oleh peserta didik
dengan baik sehingga pembelajaran kurang maksimal. Hal ini terjadi karena
pendidik kurang memanfaatkan teknologi yang ada. Guru sering mengalami
kesulitan dalam menyampaikan suatu materi kepada siswa dalam proses
pembelajarannya. Oleh karena itu, guru memerlukan media pembelajaran yang
dapat digunakan untuk menjelaskan materi tersebut. Penggunaan media
pembelajaran berbasis audio-visual dapat menarik siswa dalam belajar melalui
animasi dan gambar yang ditampilkan. Melalui media pembelajaran Sparkol
VideoScribe diharapkan mampu memotivasi siswa dalam belajar. Sehingga
pembelajaran menggunakan audio-visual disertai animasi ini dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh media
pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe pada pokok bahasan suhu dan
kalor terhadap hasil belajar siswa, efektifitas media pembelajaran dan
mendeskripsikan respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran
menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di salah satu SMK di kabupaten
Jember. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group
design dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Sumber data
berasal dari angket, pretest dan posttest. Adapun analisis data menggunakan uji t
Independent Sample T-Test dengan program SPSS 23 dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test dan hasil observer pada
pengaruh media pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe terhadap hasil belajar
siswa dapat diketahui bahwa media pembelajaran fisika berbasis Sparkol
VideoScribe berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2
Jember. Selanjutnya hasil dari efektifitas media pembelajaran fisika berbasis
Sparkol VideoScribe ditinjau dari ketuntasan belajar memperoleh persentase 84%
karena lebih dari kriteria ketuntasan minimum, sehingga dapat dikategorikan
efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Selanjutnya hasil respon siswa yang dianalisis menggunakan angket
respon pada akhir pembelajaran menyatakan bahwa respon siswa terhadap
pembelajaran menggunakan media pembelajaran fisika berbasis Sparkol
VideoScribe dengan tiga indikator yaitu minat siswa terhadap pembelajaran fisika,
desain media pembelajaran dan pembelajaran menggunakan Sparkol VideoScribe
diperoleh persentase sebesar 82% yang dapat diartikan bahwa siswa merespon
positif, sehingga pembelajaran fisika berbasis Sparkol VideoScribe termasuk
dalam kategori positif atau baik.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbasis
Sparkol VideoScribe berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, efektif
digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon positif dalam
penggunaanny | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2019 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 150210102119; | |
dc.subject | media pembelajaran fisika | en_US |
dc.subject | sparkol videoscribe | en_US |
dc.subject | bahasan suhu dan kalor | en_US |
dc.subject | fisika | en_US |
dc.title | Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Jember | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 0210102 | |