Pengaruh Ewom Pada Media Sosial Terhadap Niat Beli Dengan Moderasi Keterlibatan Konsumen (Mahasiswa FEB UNEJ) Dalam Pembelian Produk
Abstract
Dalam proses pengumpulan informasi mengenai produk/merek konsumen
memanfaatkan Electronic word of mouth (eWOM). Electronic word of
mouth/eWOM menurut Hennig Thurau et al., (2004) merupakan konten online
(positif atau negatif) tentang produk atau perusahaan, yang dihasilkan atau dikirim
oleh pelanggan dan tersedia untuk banyak orang yang menggunakan Internet.
eWOM dianggap sebagai salah satu sumber informasi yang paling berguna bagi
konsumen karena terdiri dari pendapat dan pengalaman rekan alih-alih informasi
yang dihasilkan perusahaan (Brown, Broderick, dan Lee., 2007). Proses
pengumpulan informasi dengan eWOM dapat melalui perantara seperti media
sosial dan platform eWOM lainnya.
Penelitian ini meneliti pengaruh eWOM media sosial terhadap niat beli
konsumen, penelitian ini menggunakan keterlibatan tinggi sebagai moderasi dan
memilih spesifik produk dengan keterlibatan tinggi yaitu Laptop untuk melihat
pengaruh eWOM terhadap niat beli. Penelitian ini digolongkan sebagai
experiment research. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
incidental sampling yang berjumlah 390 responden. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel kualitas informasi ditemukan
berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Begitu juga dengan variable kredibilitas
informasi. Variabel kegunaan informasi dan adopsi informasi ditemukan tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. Variabel keterlibatan tinggi
dapat memperkuat pengaruh eWOM terhadap niat beli.