Hubungan Pola asuh Orang Tua dengan Kemampuan Bicara Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Watukebo, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019.
Abstract
Pola asuh orang tua adalah cara atau sikap orang tua dalam berinteraksi
dengan anak untuk membentuk pribadi anak sesuai dengan harapan orang tua.
Dalam membentuk pribadi anak orang tua melakukannya dengan berbagai cara
dalam membimbing, mengarahkan, menuntun anak untuk menjadi pribadi,
seseorang yang dapat di terima sebagai masyarakat yang baik. Ada 3 jenis pola
asuh orang tua yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh
permisif. Tiga jenis pola asuh tersebut secara umum sudah mewakili cara, sikap
orang tua untuk berinteraksi dalam mengasuh anak-anaknya. Pola asuh orang tua
yang diterapkan oleh orang tua memiliki kaitan pada perkembangan anak, sebab
orang tua adalah seorang tokoh identifikasi. Artinya anak meniru apapun yang
dilakukan oleh orang tua termasuk dalam kemampuan bicara anak meniru dari
orang tuanya. Kemampuan bicara adalah kemampuan mengekspresikan untuk
menyampaikan bunyi dan kata dari gagasan, pikiran, dan perasaan. Faktor-faktor
yang mempengaruhi kemampuan bicara adalah motif/motivasi, kebiasaan belajar,
komponen kebahasaan, komponen isi, dan sikap mental.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan
yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bicara anak
Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Watukebo, Kecamatan Ambulu,
Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bicara anak
Kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 01 Watukebo, Desa Andongsari,
Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01
Watukebo Desa Andongsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Responden
penelitian ini berjumlah 34 orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis korelasi tata jenjang atau Rank Spearman.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan pola asuh
orang tua terhadap kemampuan bicara anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 01 Watukebo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran
2018/2019. Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan
bantuan SPSS menggunakan rumus tata jenjang dengan = 0,609. Nilai
signifikansi sebesar 0,000, karena nilai 0,000 ≤ nilai 0,05 maka dapat disimpulkan
bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak.
Saran untuk orang tua yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk
bercerita tentang pengalaman maupun perasaan agar kemampuan berbicara anak
lebih terbuka. Saran untuk guru yaitu membangun kemitraan dengan orang tua
supaya orang tua ikut mengambil kesempatan menstimulasi anak berbicara di
lingkungan keluarga.