Analisis Faktor Budaya Akademik Dan Gaya Hidup Pada Pemilik Handphone Blackberry (Studi pada Perilaku Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember)
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan
antara faktor budaya akademik dan gaya hidup pemilik handphone Blackberry pada
mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Faktor budaya
dan faktor Psikologi mempunyai pengaruh yang paling meluas dan mendalam
terhadap Perilaku konsumen. Dalam faktor budaya terdapat budaya akademik
sedangankan dalam faktor psokologi terdapat gaya hidup sebagai perwujudan
kehidupan remaja yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik
Universitas jember. Kedua faktor tersebut merupakan faktor utama yang
mempengaruhi pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tipe
deskriptif dengan pendekatan paradigma kuantitatif yang teknik pengambilan
sampelnya menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor budaya akademik dan
faktor psikologi melatar belakangi keputusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu politik untuk memiliki produk handphone Blackberry, namum faktor psikologi
lebih dominan dibandingkan dengan faktor budaya dalam keputusan seseorang untuk
menggunakan Blackberry. Hal tersebut dikarenakan responden yang merupakan
mahasiswa menilai gaya hidup lebih utama dari pada kegiatan akademik mereka.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan mahasiswa
terhadap pengggunaan produk Blackberry dipengaruhi oleh faktor budaya dan faktor
psikologi. Dan dari kedua faktor tersebut, faktor psikologi merupakan faktor yang
dominan mempengaruhi kecenderungan mahasiswa untuk menggunakan produk
Blackberry.