EKSISTENSI PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MELALUI KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GAJAH MADA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada eksistensi peran pendidikan luar sekolah pada 10 peserta kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jember. Peran pendidikan luar sekolah meliputi peran pendidikan luar sekolah sebagai penambah (suplemen), pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap (komplemen) dan peran pendidikan luar sekolah sebagai pengganti (subtitusi). Akan tetapi peneliti membatasi penelitiannya yaitu peran pendidikan luar sekolah sebagai penambah (suplemen), dan pendidikan luar sekolah sebagai pelengkap (komplemen). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada eksistensi peran pendidikan luar sekolah di dalam kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Jember Tahun Pelajaran 2010/1011. Saran yang dapat diberikan kepada peserta kursus hendaknya lebih mengefektifkan waktu proses pembelajaran agar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sangat baik dan dapat digunakan dalam hal pekerjaan. Kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada, hendaknya lebih giat lagi untuk mempromosikan program-program kursus yang ada dan menambah program kursus sesuai tuntutan zaman agar para masyarakat dapat mengetahui keunggulan yang dimiliki lembaga kursus dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kepada tutor Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada agar dapat mencari strategi pembelajaran yang inovatif agar peserta kursus mampu untuk aktif bertanya pada proses pembelajaran. Kepada peneliti lain khususnya Program Pendidikan Luar Sekolah (PLS) hendaknya dapat menyelenggarakan atau mengembangkan berbagai macam program pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan menggali potensi yang dimiliki.