Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di J.CO Donuts & Coffee
Abstract
Kemajuan teknologi di era modern ini mengalami pertumbuhan yang
sangat pesat. Hal tersebut membuat semakin kompetitifnya perkembangan dunia
usaha dan menuntut perusahaan untuk melakukan penyesuaian dengan kebutuhan.
Salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat saat ini adalah franchise.
Persaingan yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis franchise dituntut
untuk menciptakan strategi yang dapat menarik konsumen untuk mengunjungi
dan membeli produk yang ditawarkan agar mampu bersaing dan unggul dari
pesaing. Salah satu franchise di Indonesia yang cukup terkenal adalah J.CO
Donuts & Coffee. J.CO Donuts & Coffee merupakan franchise yang memiliki
spesialisasi dalam donat, kopi dan yogurt beku. Saat ini banyak pemilik usaha
menggunakan internet untuk meningkatkan penjualan dan mampu untuk
mengungguli pesaing, salah satunya adalah Electronic Word Of Mouth (eWOM).
Ada beberapa pertimbangan konsumen yang mengunjungi J.CO Donuts & Coffee,
salah satunya informasi yang didapat dari internet seperti website resmi dan sosial
media Instagram yang dapat mempengaruhi calon konsumen atau konsumen
untuk melakukan Keputusan Pembelian. Selain eWOM, Store Atmosphere
merupakan salah satu unsur yang dapat digunakan oleh pebisnis untuk menarik
konsumen agar melakukan kunjungan. Konsumen tidak hanya memberi respon
kepada barang yang ditawarkan, melainkan juga merespon terhadap lingkungan
pembelian yang diciptakan.
Penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel independen yaitu Electronic Word
Of Mouth dan Store Atmosphere serta 1 (satu) variabel dependen yaitu Keputusan
pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melaui skala
likert sebagai alat bantu untuk mengukur dari jawaban pernyataan responden.
Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling
dengan beberapa syarat. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 155
responden. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah data primer.
Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa Electronic Word Of Mouth
yang terdiri dari dimensi intensity, valence of opinion dan content berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian di J.CO Donuts & Coffee. Variabel
Store Atmosphere yang terdiri dari dimensi general interior, exterior, store layout
dan interior displays berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di
J.CO Donuts & Coffee.