Show simple item record

dc.contributor.advisorASTUTIK, Sri
dc.contributor.authorKAMILASARI, Nur Wandiyah
dc.contributor.authorNURAINI, Lailatul
dc.date.accessioned2020-08-13T02:21:38Z
dc.date.available2020-08-13T02:21:38Z
dc.date.issued2020-02-05
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100503
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri akan kemajuan teknologi di masa depan dan kreativitas merupakan salah satu bentuk dalam mengintegrasikannya. Munculnya berbagai permasalahan dalam belajar fisika yang menitikberatkan pada kegiatan bernalar dan berpikir tingkat tinggi, serta lemahnya kemampuan memecahkan masalah sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dapat dijadikan solusi permasalahan dalam pembelajaran fisika melalui penyusunan ide rencana menyelesaikan masalah yang melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan solusinya sendiri. Kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa SMA masih rendah sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasi hal tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diberikan alternatif solusi yaitu pembelajaran yang ngutamakan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta hasil belajarnya. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dapat dijadikan sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) adalah model pembelajaran yang langkah langkah pembelajarannya membuat siswa aktif di kelas dalam mengeksplor gagasan kreatifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. 2) mengkaji pengaruh pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Jenggawah tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian menggunakan cluster rondom sampling dengan teknik undian yang kemudian terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL (problem based learning). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS 23. Hasil uji Independent Sample T-Test pada hipotesis pertama terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,002 sehingga uji hipotesis menyatakan H0 ditolak yang artinya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample T-Test pada hipotesis kedua terhadap hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga uji hipotesis menyatakan H0 ditolak yang artinya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji Independent Sample T-Test maka dapat ditarik kesimpulan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210102015;
dc.subjectmodel pembelajaran collaborative creativity (CC)en_US
dc.subjectpendekatan setsen_US
dc.subjectpendekatan sets (Science, Environment, Technology, and Society)en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Dengan Pendekatan Sets Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Smaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record