PERAN SKILL INSTRUKTUR TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN TATA KECANTIKAN PADA KURSUS WIRAUSAHA KOTA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR BONDOWOSO
Abstract
Kursus adalah suatu kegiatan melatih keterampilan untuk mendalami
pengetahuan, sikap yang mengarahkan pada terwujudnya kemajuan kemampuan.
Kemampuan ini meliputi kecakapan akademik, kecakapan vokasional, kecakapan
pribadi dan kecakapan sosial. Pengembangan kreativitas merupakan salah satu upaya
dalam pengembangan kemajuan kemampuan peserta agar selalu berfikir kreatif dan
inovatif yang terdapat pada dirinya sehingga dapat meningkatkan kualitas seseorang.
Permasalahannya bagaimanakah peran skill instruktur terhadap pengembangan
kreativitas peserta pelatihan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Peran skill instruktur terhadap pengembangan kreativitas peserta pelatihan di Sanggar
Kegiatan Belajar Bondowoso. Manfaatnya bagi peneliti untuk meningkatkan
pengetahuan, bagi Perguruan Tinggi untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,
dan bagi masyarakat untuk peningkatan partisipasi masyarakat didalam program
Kewirausahaan.
Daerah penelitian yang digunakan adalah di Sanggar Kegiatan Belajar
Kabupaten Bondowoso berdasarkan metode purposive. Infoman kunci adalah peserta
pelatihan dan instruktur pelatihan Tata Kecantikan di Sanggar Kegiatan Belajar
Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
tekhnik analisis data deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian dilakukan terhadap 11 peserta
dan 4 instruktur pelatihan tata kecantikan di Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peran keterampilan instruktur dapat
mengembangkan kreativitas peserta pelatihan dalam upaya pengembangan kemampuan
sumber daya manusia.