Show simple item record

dc.contributor.advisorTRAPSILASIWI, Dinawati
dc.contributor.advisorFATAHILLAH, Arif
dc.contributor.authorKUSUMANINGTYAS, Nastiti
dc.date.accessioned2020-08-12T02:43:01Z
dc.date.available2020-08-12T02:43:01Z
dc.date.issued2019-05-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100465
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi dan informasi tidak hanya sebatas bagaimana mengoperasikan komputer saja, namun di era saat ini salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi yakni sebagai alat bantu dalam pembelajaran atau biasa disebut media pembelajaran. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan pembelajaran menarik dan inovatif. Pembelajaran yang menarik akan memberi motivasi siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Contoh media pembelajaran berbasis teknoligi dan informasi adalah KelasKita yang dikolaborasikan dengan web Desmos. KelasKita adalah jejaring sosial pribadi bagi guru dan siswa dengan platform sosial yang aman. Dengan model seperti situs jejaring sosial pada umumnya, KelasKita dapat menjadikan jaringan khusus bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, berkas, peristiwa, dan tugas. Sedangkan web Desmos graphing calculator adalah web dan aplikasi berbasis kalkulator grafik yang berfokus pada pembuatan grafik. Dengan demikian kombinasi antara web Desmos dengan KelasKita akan mengasilkan pembelajaran interaktif antara guru dengan siswa sehingga siswa dapat aktif dalam belajar terutama dalam membentuk kemandirian siswa dalam belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif online menggunakan KelasKita berbantuan web Desmos pada materi program linier yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran.Kegiatan pengembangan media pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan hasil yang valid, praktis, dan efektif. Hasil dari validasi media pembelajaran sebesar 0,89 termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Berikutnya dilakukan uji coba setelah media pembelajaran dikatakan valid. Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada tanggal 12 Februari 2019. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang kembangkan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode wawancara, metode angket, dan metode tes. Hasil pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Kriteria kepraktisan ditunjukkan oleh persentase hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran yang memperoleh nilai sebesar 85% , termasuk praktis dalam kategori “Sangat Baik”. 2) Kriteria keefektifan ditunjukkan oleh persentase siswa yang mendapat nilai lebih dari atau sama dengan nilai KKM yaitu 82,35% dari 34 siswa, termasuk efektif melebihi kriteria minimal keefektifan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif online menggunakan KelasKita berbantuan web Dsmos pada materi program linier telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektifen_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2019en_US
dc.relation.ispartofseries150210101037;
dc.subjectmedia pembelajaran interaktif onlineen_US
dc.subjectmedia pembelajaran ien_US
dc.subjectpembelajaran interaktif onlineen_US
dc.subjectweb desmosen_US
dc.subjectE-Learning kelaskita materi program linieren_US
dc.subjectmateri program linieren_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Desmos Pada Kelaskita Materi Program Linier Kelas XI Smaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record