dc.description.abstract | Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat
dalam aspek kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi dan
informasi tidak hanya sebatas bagaimana mengoperasikan komputer saja, namun di
era saat ini salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi yakni
sebagai alat bantu dalam pembelajaran atau biasa disebut media pembelajaran.
Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan
pembelajaran menarik dan inovatif. Pembelajaran yang menarik akan memberi
motivasi siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Contoh media
pembelajaran berbasis teknoligi dan informasi adalah KelasKita yang
dikolaborasikan dengan web Desmos. KelasKita adalah jejaring sosial pribadi bagi
guru dan siswa dengan platform sosial yang aman. Dengan model seperti situs
jejaring sosial pada umumnya, KelasKita dapat menjadikan jaringan khusus bagi
guru dan siswa untuk berbagi ide, berkas, peristiwa, dan tugas. Sedangkan web
Desmos graphing calculator adalah web dan aplikasi berbasis kalkulator grafik
yang berfokus pada pembuatan grafik. Dengan demikian kombinasi antara web
Desmos dengan KelasKita akan mengasilkan pembelajaran interaktif antara guru
dengan siswa sehingga siswa dapat aktif dalam belajar terutama dalam membentuk
kemandirian siswa dalam belajar terutama pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran interaktif online menggunakan KelasKita
berbantuan web Desmos pada materi program linier yang memenuhi kriteria valid,
praktis, dan efektif. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model
Thiagarajan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap
perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran.Kegiatan pengembangan media pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan
hasil yang valid, praktis, dan efektif. Hasil dari validasi media pembelajaran sebesar
0,89 termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Berikutnya dilakukan uji coba
setelah media pembelajaran dikatakan valid.
Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPA 2 SMA
Muhammadiyah 3 Jember pada tanggal 12 Februari 2019. Uji coba dilakukan untuk
mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang kembangkan.
Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode wawancara,
metode angket, dan metode tes. Hasil pengembangan media pembelajaran pada
penelitian ini sebagai berikut:
1) Kriteria kepraktisan ditunjukkan oleh persentase hasil angket respon siswa
terhadap media pembelajaran yang memperoleh nilai sebesar 85% , termasuk
praktis dalam kategori “Sangat Baik”.
2) Kriteria keefektifan ditunjukkan oleh persentase siswa yang mendapat nilai lebih
dari atau sama dengan nilai KKM yaitu 82,35% dari 34 siswa, termasuk efektif
melebihi kriteria minimal keefektifan media pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa
media pembelajaran interaktif online menggunakan KelasKita berbantuan web
Dsmos pada materi program linier telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif | en_US |