PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS OXFORD KABUPATEN JEMBER SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Prestasi Belajar adalah hasil dari berbagai upaya dan daya partisipasi belajar
yang di lakukan dalam mempelajari materi pembelajaran tertentu Oleh karena itu
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi
belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus
Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011.
Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap
prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris
Oxford. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan
metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan jumlah Responden 25 peserta didik
dengan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket
untuk motivasi belajar yang diberikan kepada peserta didik dan observasi untuk
mengetahui kondisi dan fasilitas atau sarana dan prasarana Lembaga Kursus Oxford
sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Korelasi Tata Jenjang dengan alasan karena jumlah
responden dalam penelitian ini kurang dari 30 orang yaitu berjumlah 25 orang.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha ”ada pengaruh motivasi belajar terhadap
prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik lembaga Kursus Bahasa Inggris
Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”, dan Ho “tidak ada
pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik
Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun
pelajaran 2010/2011 dan Ha yaitu ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford
Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik
mempergunakan rumus Korelasi Tata jenjang nilai r hitung sebesar 0,424. Nilai ini
lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=25 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar
0,392 diketahui bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa
inggris pada peserta didik. Hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan
pengolahan data tersebut, diketahui besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap
prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris
Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 yang agak rendah.