PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEADAAN SOSIAL INDONESIA DAN NEGARA- NEGARA TETANGGA DI KELAS VI SD IT HARAPAN UMAT JEMBER
Abstract
Pembelajaran  IPS  di  SD  pada  umumnya  masih  menggunakan  metode 
pembelajaran konvensional dan media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman 
terhadap  konsep  IPS  sulit  dipahami.  Berdasarkan  hasil  observasi  di  SD  IT  Harapan 
Umat  Jember,  terdapat  permasalahan  yang  dihadapi  oleh  siswa  yaitu  kurangnya 
kemampuan  siswa  dalam  memecahkan  masalah  IPS  pada  pokok  keadaan  sosial  di 
Indonesia  dan  negara-negara  tetangga.  Penelitian  ini  berdasarkan  permasalahan: 
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok 
bahasan  keadaan  sosial  Indonesia  dan  negara-negara  tetangga  melalui  penerapkan 
pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas 
VI SD IT Harapan Umat Jember. 
  Penelitian  ini  bertujuan untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa 
kelas  VI  SD  IT  Harapan  Umat  Jember  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan 
keadaan  sosial  Indonesia  dan  negara-negara  tetangga  melalui  pembelajaran  problem 
solving dengan menggunakan media gambar. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI 
dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan, Pengambilan 
data dalam penelitian ini dilaksanakan di SD IT Harapan Umat Jember, dimulai pada 
tanggal  15  September  2011  sampai  tanggal  19  November  2011.  Desain  penelitian 
yang  digunakan  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Pengumpulan  data  telah 
dilakukan  dengan  metode  observasi,  tes,  wawancara  dan  dokumentasi.  Data  yang  di 
analisis  adalah  aktivitas  belajar  siswa  dan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  dalam 
pembelajaran. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar 
siswa  melalui  pembelajaran  problem  solving  dengan  menggunakan  media  gambar 
pada mata pelajaran IPS kelas VI SD IT Harapan Umat Jember. Peningkatan aktivitas 
belajar  siswa  tersebut  dapat  dilihat  dari  skor  rata-rata  yang  diperoleh  pada  siklus  I 
adalah  71,3  %  dengan  kriteria  aktif  dan  pada  siklus  II  mendapat  skor  rata-rata  86%  
dengan  kriteria  sangat  aktif.  Hal  ini  berarti  aktivitas  belajar  siswa  meningkat  dari 
kriteria  aktif  menjadi  sangat  aktif.  Peningkatan  pada  hasil  belajar  juga  menjadi  baik 
yang dibuktikan dengan  nilai rata-rata 85% pada  siklus  I dan pencapaian  ketuntasan 
belajar pada 90% pada siklus II serta mencapai klasikal sebesar 80%. 
Saran  yang  dapat  diberikan  peneliti  untuk  dipertimbangkan  oleh  pihak-pihak 
yang  terkait.  Bagi  siswa  sebagai  pengalaman  belajar  bersama  sehingga  dapat 
meningkatkan  semangat  belajar  dan  kerja  sama,  bagi  guru  sebagai  alternatif  dalam 
memilih metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagi sekolah 
sebagai  informasi  dalam  pembelajaran  dan  alternatif  metode  mengajar  untuk 
meningkatkan  kualitas  proses  belajar  mengajar.  Bagi  peneliti  lain,  temuan  yang 
didapat  dari  penelitian  ini  diharapkan  dapat  menjadi  bahan  pengembangan  atau 
masukan bagi penelitian selanjutnya.
