• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEADAAN SOSIAL INDONESIA DAN NEGARA- NEGARA TETANGGA DI KELAS VI SD IT HARAPAN UMAT JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ashari Efendi_001.pdf (242.3Kb)
    Date
    2013-09-10
    Author
    Ashari Efendi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS di SD pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan media jarang sekali digunakan, sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dipahami. Berdasarkan hasil observasi di SD IT Harapan Umat Jember, terdapat permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS pada pokok keadaan sosial di Indonesia dan negara-negara tetangga. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan keadaan sosial Indonesia dan negara-negara tetangga melalui penerapkan pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VI SD IT Harapan Umat Jember. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD IT Harapan Umat Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keadaan sosial Indonesia dan negara-negara tetangga melalui pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SD IT Harapan Umat Jember, dimulai pada tanggal 15 September 2011 sampai tanggal 19 November 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran problem solving dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas VI SD IT Harapan Umat Jember. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 71,3 % dengan kriteria aktif dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 86% dengan kriteria sangat aktif. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria aktif menjadi sangat aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 85% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan belajar pada 90% pada siklus II serta mencapai klasikal sebesar 80%. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk dipertimbangkan oleh pihak-pihak yang terkait. Bagi siswa sebagai pengalaman belajar bersama sehingga dapat meningkatkan semangat belajar dan kerja sama, bagi guru sebagai alternatif dalam memilih metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagi sekolah sebagai informasi dalam pembelajaran dan alternatif metode mengajar untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Bagi peneliti lain, temuan yang didapat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan atau masukan bagi penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1004
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository