| dc.description.abstract | Mata  pelajaran  IPS  merupakan  perpaduan  konsep-konsep  ilmu  pengetahuan, 
ini  menyebabkan  penyampaian  dan  penerimaan  siswa  dalam  pembelajaran 
mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih 
sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran 
dalam  meyampaian  materi  pelajaran  di  sekolah.  Hal  ini  menimbulkan  kesulitan 
tersendiri  dalam  proses  belajar  mengajar  baik  itu  dialami  oleh  guru  yang 
menyampaikan  materi  atau  siswa  sebagai  subjek  penerima  materi  pelajaran    karena  
guru  masih  beranggapan  bahwa    pembelajaran  IPS  hanya  bersifat  hafalan,  sehingga 
hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal.  
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Barat 01, motivasi belajar  
siswa  tergolong  rendah  sehingga  berdampak  pada  hasil  belajar  siswa  yang  rendah 
pula.  Fakta  di  lapangan  menunjukkan  bahwa  dalam  pembelajaran  sampai  saat  ini 
peran  guru  sebagai  subjek  pembelajaran  dan  hanya  sebagai  transfer  pengetahuan. 
Guru  masih  menggunakan  sistem  konvensional,  guru  terlalu  mendominasi  kelas 
sehingga  keterlibatan  siswa  dalam  proses  pembelajaran  sangat  kurang.  Oleh  karena 
itu,  diperlukan  suatu  alternatif  untuk  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar  siswa 
pada  mata  IPS  yaitu  melalui  model  pembelajaran  CTL  berbantuan  LKS.  Rumusan 
masalah  dalam  penelitian  ini  adalah:  Bagaimanakah  peningkatan  motivasi  dan  hasil 
belajar  siswa  dengan  penerapan  model  Contextual  Teaching  and  Learning  (CTL) 
berbantuan  LKS  dalam  Pembelajaran  IPS  Pokok  Bahasan  Persebaran  SDA  di Lingkungan  Setempat  siswa  kelas  IV  SDN  Barat  01  Lumajang  Tahun  Pelajaran 
2011/2012?. 
Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan  motivasi  dan hasil 
belajar  siswa  dengan  penerapan  model  Contextual  Teaching  and  Learning  (CTL) 
berbantuan  LKS  dalam  Pembelajaran  IPS  Pokok  Bahasan  Persebaran  SDA  di 
Lingkungan  Setempat  siswa  kelas  IV  SDN  Barat  01  Lumajang  Tahun  Pelajaran 
2011/2012. Subyek penelitian  yang digunakan  adalah siswa kelas  IV dengan jumlah 
12  siswa  yang  terdiri  atas  6  laki-laki  dan  6  perempuan  di  SDN  Barat  01  Padang, 
Lumajang.  Sumber  data  yaitu  guru  kelas  IV  dan  siswa  kelas  IV  SDN  Barat  01,  
referensi,  dan  dokumentasi.  Jenis  penelitian  adalah  PTK  dan  metode  pengumpulan 
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain 
penelitian  terdiri  atas  perencanaan,  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Analisis  data 
yang  digunakan  adalah  analisis  persentase.  Data  hasil  observasi  pada  siklus  I 
menunjukkan  bahwa  motivasi  belajar  siswa  secara  individu  yaitu  75%  sedangkan 
secara  klasikal  yaitu  66,25%.  Pada  siklus  II  motivasi    belajar  siswa  mengalami 
peningkatan  yaitu secara individu sebesar  91,67% sedangkan secara klasikal sebesar 
77,5%.  Pada  siklus  I  hasil  belajar  siswa  secara  individu  sebesar  58,33%  sedangkan 
secara  klasikal  sebesar  69,33%  dan  pada  siklus  II  mengalami  peningkatan  yaitu 
secara individu sebesar 91,67% sedangkan secara klasikal sebesar 80,67%. 
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  model  pembelajaran  CTL  berbantuan 
LKS pada mata pelajaran IPS dengan materi Persebaran SDA di lingkungan Setempat  
dapat  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  SDN  Barat  01 
Lumajang.  Saran  bagi  guru  yaitu  sebaiknya  guru  dapat  mengembangkan  suatu 
pembelajaran  yang  menyenamgkan  dan  sekolah  hendaknya  dapat  memberikan 
dukungan.  Bagi  peneliti  lain,  hendaknya  dapat  dijadikan  sebagai  masukan  untuk 
penelitian lebih lanjut. | en_US |