Prosedur Pengelolaan Arsip DI Bagian Sekretariat Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jember
Abstract
Pekerjaan dan kegiatan di instansi atau organisasi memerlukan data dan
informasi. Salah satu sumber data adalah arsip. Arsip dibutuhkan dalam kegiatan
administrasi pada instansi negara maupun instansi swasta untuk membantu
mencari kembali data dan dokumen yang sudah terjadi. Gie (1979) menyatakan
bahwa arsip merupakan kumpulan dokumen yang disimpan secara sistematis
karena dapat diperlukan kegunaannya suatu waktu. Menurut Basir (2000:2) arsip
dapat diartikan sebagai pencatatan penanganan, penyimpanan dan pemeliharaan
surat-surat atau warkat-warkat yang mempunyai arti penting baik ke dalam
maupun ke luar, baik yang menyangkut soal-soal pemerintahan maupun non- pemerintahan dengan menerapkan kebijaksanaan dan sistem tertentu yang dapat
dipertanggungjawabkan. Tanpa arsip, tidak mungkin seseorang dapat mengingat
dokumen dengan lengkap atau catatan yang begitu kompleks. Pengelolaan arsip
yang sistematis sangat diperlukan di dalam suatu instansi. Setiap instansi perlu
melakukan pengelolaan arsip agar dapat memudahkan dalam mencari dokumen,
karena arsip sendiri terdiri dalam jumlah yang sangat banyak.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]