Pengembangan Bahan Ajar Komik Fisika Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Di MA Kelas XI
Abstract
Bahan ajar adalah bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas XI MA Al-Misri Rambipuji diketahui bahwa motivasi belajar fisika rendah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Bahan ajar yang akan dikembangkan oleh peneliti yaitu komik, hal ini dikarenakan siswa lebih tertarik dengan bahan ajar yang bergambar seperti komik. Penggunaan smarthphone pada pembelajaran masih belum diterapkan pada siswa MA Al-Misri Rambipuji, hal ini memungkinkan peneliti untuk mengembangkan bahan ajar komik fisika berbasis android. Komik berbasis android memiliki kelebihan diantaranya menarik minat belajar siswa, mudah dioperasikan, efisien karena tidak memerlukan kertas untuk cetak, dan mudah dibawa kemana-mana. Pengembangan komik fisika berbasis android ini dilakukan pada materi suhu dan kalor dikarenakan materi ini cukup sulit dipelajari karena bersifat abstrak yang dapat menimbulkan berbagai pemikiran berbeda bagi siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar komik fisika berbasis android pada pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Nieveen yang meliputi, 1) preliminary research, 2) prototyping stage, 3) assessment stage.
Tahap preliminary research dilakukan analisis permasalahan, studi literatur, dan analisis kebutuhan. Tahap prototyping stage dirancang bahan ajar yang terdiri dari petunjuk penggunaan bahan ajar, daftar isi, peta konsep, sub bab 1,2,3,4, glosarium, dan daftar pustaka. Setiap sub bab memuat materi berbentuk komik cerita, contoh soal, rangkuman, dan latihan soal. Bahan ajar komik fisika berbasis android dinilai kevalidannya melalui validasi ahli dan validasi pengguna. Validasi ahli dilakukan oleh dua dosen pendidikan fisika dengan skor rata-rata sebesar 3,98 dengan kategori sangat valid. Validasi pengguna dilakukan oleh guru mata pelajaran fisika di MA Al-Misri Rambipuji dengan skor rata-rata sebesar 3,64 dengan kategori sangat valid. Lalu dilakukan uji coba terbatas kepada 10 siswa di kelas XII IPA 1 untuk menyempurnakan produk dengan cara memperbaiki kekurangan produk yang ditemui selama pelaksanaan uji coba terbatas.
Selanjutnya pada tahap assessment stage dilakukan uji coba lapangan terhadap bahan ajar yang dikembangkan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan bahan ajar. Uji lapangan dilakukan kepada 32 siswa di kelas XI IPA 2 MA Al-Misri Rambipuji. Proses pembelajaran dilakukan selama dua kali pertemuan. Keterlaksanaan dilakukan dengan pengamatan oleh dua observer yang menunjukkan selama dua kali pertemuan memiliki skor rata-rata yaitu 3,62< Skor ≤ 4,00 yang berarti bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sekali. Rata-rata pretest dan postest uji lapangan dikelas XI IPA 2 adalah 24,74 dan 64,74 dengan nilai N-Gain sebesar 0,54. Analisis nilai pretest dan postest tersebut menunjukkan kriteria sedang yang artinya bahwa bahan ajar komik fisika berbasis android termasuk dalam produk yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) validitas bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dapat terlaksana dengan baik dan dalam kriteria tinggi, sehingga bahan ajar praktis digunakan dalam pembelajaran, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan bahan ajar menunjukkan kriteria N-Gain sedang, sehingga bahan ajar efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.