Pengembangan Media E-Learning Webquest Berbasis Problem Solving Menggunakan Model Assure
Abstract
Tujuan pembelajaran sejarah pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan
keterampilan 4C yaitu berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking
and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills),
keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi
(communication skills). Pembelajaran sejarah yang ideal dapat memfasilitasi
peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran sejarah secara optimal.
Namun berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMAN 2 Tanggul,
SMAN Jenggawah, dan SMAN Kalisat analisis angket gaya belajar diperoleh
gaya belajar audio sebesar 8,59% , gaya belajar visual sebesar 68,61 % dan
kinestetik sebesar 22,79%. Sehingga dapat disimpulkan peserta didik memiliki
kecenderungan untuk belajar secara visual, sehingga peserta didik membutuhkan
pngembangan media pembelajaran yang berbentuk visual. Berdasarkan hasil
analisis angket motivasi terdapat 60,02% peserta didik memiliki motivasi tinggi
Data-data tersebut disimpulkan bahwa peserta didik memiliki motivasi belajar
sejarah yang cukup tinggi sehingga dapat mendorong peserta didik untuk
menambah pengetahuan dan keterampilan, dari hal tersebut dapat diatasi denggan
penggunaan media e-learning webquest dalam pembelaran seajarah. Inovasi
media e-learning webquest dengan memanfaatkan media teknologi informasi.