HUBUNGAN ANTARA KINERJA TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BAYUANGGA KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B di PKBM
Bayuangga Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Manfaat penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar
Kejar Paket B. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu
dengan metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan
antara dua variabel yang berkaitan dengan kinerja tutor dan motivasi belajar warga
belajar. Jumlah Responden 10 orang dengan teknik systematic purpossive sampling.
Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk motivasi belajar
yang diberikan kepada warga belajar dan observasi untuk kinerja tutor yang
dilakukan oleh peneliti sendiri kepada tutor sedangkan untuk data sekunder diperoleh
dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Tata
Jenjang dengan alasan karena jumlah responden dalam penelitian ini kurang dari 30
orang yaitu berjumlah 10 orang. Hipotesis nihil dalam penelitian ini yaitu tidak ada
hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B.
Berdasarkan hasil analisis dengan tehnik Korelasi Tata Jenjang, nilai r hitung
diperoleh sebesar 0,649. Nilai ini lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=10
dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,648. Berdasarkan hasil analisis ini maka
hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi ada hubungan antara kinerja tutor dengan
motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B. Artinya semakin tutor mempunyai
kinerja bagus maka akan semakin menumbuhkan motivasi belajar warga belajar
dengan baik, dan sebaliknya semakin rendah kinerja tutor maka semikin rendah pula
motivasi belajar warga belajar kejar paket B.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...