| dc.description.abstract | Kurangnya  aktivitas  siswa  dalam  pembelajaran  membuat  hasil  belajar  siswa 
juga  menjadi  kurang.  Saat  proses  pembelajaran  IPS  berlangsung  masih  terlihat 
beberapa  siswa  masih  menyalin  catatan  materi  pelajaran  yang  ditulis  guru  di  papan 
tulis  dan  tidak  pernah  bertanya  tentang  materi  pelajaran  yang  belum  dipahami  baik 
kepada  guru  maupun  kepada  siswa  lainnya,  masih  terdapat  ketidak  fahaman  siswa 
pada  pelajaran  yang  diajarkan  sehingga  menyebabkan  siswa  mengalami  kesalahan 
dalam  mengerjakan  soal  –  soal  yang  diberikan.  Hal  itu  dapat  dilihat  dari  hasil 
perolehan nilai siswa yaitu 56% (sebanyak 14 siswa) dari 25 siswa mendapatkan nilai 
di  bawah  65.  Aktivitas  siswa  yang  kurang  memperhatikan  terhadap  pelajaran  IPS, 
mengakibatkan nilai mata pelajaran IPS juga rendah.  
Rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  :  1)  bagaimanakah  peningkatan 
aktivitas  siswa  selama  pembelajaran  talking  stick  pada  mata  pelajaran  Ilmu 
Pengetahuan  Sosial  kelas  IV  SDN  Pasrujambe  8  Lumajang?  2)  bagaimanakah 
peningkatan  hasil  belajar  siswa  setelah  pembelajaran  talking  stick  pada  mata 
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang? 
Untuk  membantu  mengatasi  permasalahan  tersebut  diterapkanlah  model 
pembelajaran  Talking  stick  untuk  memudahkan  siswa  dalam  memahami  materi 
pelajaran  sesuai  dengan  kompetensi  dasar  yang  ditetapkan  dan  untuk  meningkatkan 
penguasaan  materi  pelajaran  sehingga  peserta  didik  dapat  belajar  bersama-sama 
dengan  bimbingan  dari  guru  dengan  menumbuhkan  kerjasama,  berfikir  kritis  dalam 
memahami  materi  pelajaran  yang  diajarkan  sehingga  siswa  menjadi  aktif  dalam pembelajaran  (aktivitas  siswa  dapat  mengalami  peningkatan)  disertai  dengan 
meningkatnya hasil belajar siswa.  
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan 
aktivitas  siswa  selama  pembelajaran  talking  stick  pada  mata  pelajaran  Ilmu 
Pengetahuan  Sosial  kelas  IV  SDN  Pasrujambe  8  Lumajang.  2)  untuk  meningkatkan 
hasil  belajar  siswa  setelah  pembelajaran  talking  stick  pada  mata  pelajaran  Ilmu 
Pengetahuan  Sosial  kelas  IV  SDN  Pasrujambe  8  Lumajang.  Dengan  penelitian  ini 
diharapkan dapat memberikan menfaat bagi guru, siswa, sekolah dan peneliti.  
Penelitian  ini dilakukan  di SDN  Pasrujambe 08  Lumajang kelas  IV semester  I 
ydengan  jumlah  siswa  25  anak.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian 
tindakan  kelas  (PTK).  Penelitian  dilakukan  dengan  2  siklus,  dengan  menggunakan 
empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan 
refleksi.  Tingkat  keaktifan  dan  hasil  belajar  siswa  dapat  diketahui  dengan 
menggunakan analisis data. Data  yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara 
yaitu melalui wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut  :  (1) 
penggunaan  model  pembelajaran  talking  stick  dapat  meningkatkan  aktivitas  belajar 
siswa kelas IV SDN Pasrujambe 08 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan semangat 
kepahlawanan  dan  cinta  tanah  air.  Peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  dapat  dilihat 
dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari 6 siswa (24%) pada siklus I menjadi 
14 siswa (56%) pada siklus II. (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini 
dapat  dilihat  pada  ketuntasan  klasikal  pada  pelaksanaan  siklus  I  dan  siklus  II.  Pada 
siklus I dari 25 siswa terdapat 16 siswa yang tuntas dengan persentase 64% dan pada 
siklus  II  dari  16  siswa  yang  tuntas  meningkat  menjadi  21  siswa  dengan  persentase 
84%.  Dari  penelitian  ini  saran  yang  dapat  diberikan  adalah,  guru  hendaknya 
membiasakan  siswa  belajar  secara  berkelompok  agar  siswa  terbiasa  untuk  bekerja 
sama dengan siswa lain, siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu 
bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi. | en_US |