Evaluasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember Dengan Pendekatan Balanced Scorecard
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep Balanced Scorecard
untuk mengukur kinerja PDAM Kabupaten Jember tahun 2015 dan 2016,
sehingga dapat diketahui tingkat kinerja yang dicapai, kelemahan atau kendala apa
yang menghambat dalam proses pencapaiannya dan hasilnya diharapkan dapat
digunakan sebagai masukan bagi pihak yang berkepentingan guna meningkatkan
kinerja di masa yang akan datang, menuju pada tata kelola perusahaan yang baik
(Good Governance). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif seperti yang dikemukakan
Silalahi (2012:38) bahwa penelitian kualitatif kecenderungan untuk meneliti
masalah-masalah yang tidak menyangkut jumlah (kuantitas) melainkan kata-kata
atau gambar yang digali secara mendalam.
PDAM Jember sangat membutuhkan untuk menerapkan Balanced
Sorecard sebagai satu set ukuran kinerja yang multidimensi. Hal ini
mencerminkan kebutuhan untuk mengukur semua bidang kinerja yang penting
bagi keberhasilan Perusahaan. Balanced Scorecard sekarang banyak digunakan
sebagai untuk pengembangan strategi dan sebagai alat eksekusi yang
dikembangkan dalam
lingkungan operasional. Balanced Scorecard
menerjemahkan visi dan misi serta strategi perusahaan ke dalam seperangkat
ukuran kinerja yang dimengerti (indikator), sehingga strategi dapat dipahami,
dikomunikasikan dan diukur, dengan demikian berfungsi untuk semua kegiatan.
Kinerja yang diukur berdasarkan balance scorecard yaitu kinerja perspektif
keuangan, kinerja perspektif pelanggan, kinerja perspektif bisnis internal dan
kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Diharapkan setelah diukur
secara menyeluruh maka kinerja yang seutuhnya dari 4 perspektif adalah
gambaran kinerja yang sempurna.