• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember Dengan Pendekatan Balanced Scorecard

    Thumbnail
    View/Open
    Eka Pra Foa Pora - 120910201084.pdf (1.489Mb)
    Date
    2019-08-19
    Author
    PORA, Eka Pra Foa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja PDAM Kabupaten Jember tahun 2015 dan 2016, sehingga dapat diketahui tingkat kinerja yang dicapai, kelemahan atau kendala apa yang menghambat dalam proses pencapaiannya dan hasilnya diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi pihak yang berkepentingan guna meningkatkan kinerja di masa yang akan datang, menuju pada tata kelola perusahaan yang baik (Good Governance). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif seperti yang dikemukakan Silalahi (2012:38) bahwa penelitian kualitatif kecenderungan untuk meneliti masalah-masalah yang tidak menyangkut jumlah (kuantitas) melainkan kata-kata atau gambar yang digali secara mendalam. PDAM Jember sangat membutuhkan untuk menerapkan Balanced Sorecard sebagai satu set ukuran kinerja yang multidimensi. Hal ini mencerminkan kebutuhan untuk mengukur semua bidang kinerja yang penting bagi keberhasilan Perusahaan. Balanced Scorecard sekarang banyak digunakan sebagai untuk pengembangan strategi dan sebagai alat eksekusi yang dikembangkan dalam lingkungan operasional. Balanced Scorecard menerjemahkan visi dan misi serta strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran kinerja yang dimengerti (indikator), sehingga strategi dapat dipahami, dikomunikasikan dan diukur, dengan demikian berfungsi untuk semua kegiatan. Kinerja yang diukur berdasarkan balance scorecard yaitu kinerja perspektif keuangan, kinerja perspektif pelanggan, kinerja perspektif bisnis internal dan kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Diharapkan setelah diukur secara menyeluruh maka kinerja yang seutuhnya dari 4 perspektif adalah gambaran kinerja yang sempurna.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100292
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5691]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository