Pengembangan E-Modul Berbasis Dd/CT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI Sma Dengan Model Addie
Abstract
Dalam kurikulum 2013 salah tujuan belajar sejarah adalah melatih kemampuan
mental seperti berpikir kritis. Berdasarkan data berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS
SMAN Jenggawah diketahui bahwa: (1) 87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi
dasar; (2) 89% kurang mampu untuk menyatakan strategi; (3) 89% kurang mampu
untuk membuat dukungan dasar; (4) 81% kurang mampu untuk menyimpulkan; (5)
87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi lanjut.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-modul berbasis DD/CT untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas XI SMA dengan model ADDIE ?; dan
(2)bagaimana pengembangan e-modul berbasis DD/CT untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis kelas XI SMA dengan model ADDIE?. Penelitian ini
memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-modul berbasis DD/CT yang tervalidasi
ahli isi bidang studi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan emodul berbasis DD/CT yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pesera
didik.
P