Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Kartu Seluler Im3 Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember
Abstract
Citra merek merupakan peranan yang membuat perusahaan memperkuat
produknya agar terciptanya citra merek yang positif dan melekat di benak
konsumen. Produk yang memiliki citra merek dan kualitas produk yang baik
cenderung lebih diingat oleh konsumen, sementara produk yang citra merek dan
kualitasnya buruk tidak akan dipertimbangkan sama sekali. Citra merek dan
kualitas produk yang baik maka dapat menimbulkan rasa puas dihati konsumen
sehingga konsumen loyal pada perusahaan. Salah satu merek kartu seluler yang
digemari oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember yaitu
menggunakan kartu seluler IM3, dibenak mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis kartu seluler IM3 mempunyai citra merek dan kualitas produk yang baik
dan membuat konsumen untuk melakukan pembelian berulang-ulang terhadap
kartu seluler IM3. Dengan demikian, sebaiknya perusahaan kartu seluler IM3
terus meningkatkan citra merek dan kualitas produk agar pelanggan tetap percaya
pada produk kartu seluler IM3 dan trus menjadi pelanggan setia dan dapat terus
memberikan kepuasan terhadap pelanggannya. Pada penelitian ini bertujuan
mengetahui pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas
produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh citra merek terhdap loyalitas
pelanggan, pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, dan pengaruh
kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh citra merek dan
kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
yang masih aktif kuliah dan aktif menggunakan kartu seluler IM3. Sampel
penelitian ini sebanyak 140 responden dengan teknik pengambilan sampel
purposive sampling. Kriteria sampel yaitu konsumen yang aktif menggunakan
kartu seluler IM3 dan telah mengisi pulsa kartu seluler IM3 minimal dalam waktu
3 kali. Metode Analisis yang digunakan adalah structural equition model (SEM).
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa citra merek dan
kualitas produk mempunyai peranan yang besar dalam mempengaruhi kepuasan
dan loyalitas pelanggan sehingga Kartu seluler IM3 harus mempertahankan dan
meningkatkan citra merek dan kualitas produk untuk mempertahankan kepuasan
dan loyalitas pelanggan.