Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Pengembangan Pembelajaran Sentra Balok Kelompok B DI Paud Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana adalah pengaturan terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah, baik yang ada di dalam kelas maupun luar kelas. Fasilitas-fasilitas tersebut sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan proses pendidikan. Proses pengelolaan yang dilakukan oleh PAUD Terpadu Al Furqan dalam pengembangan pembelajaran sentra balok yakni dimulai dari perencanaan, pengadaan, penginventarisasian, pengawasan dan pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana. Pembelajaran sentra adalah pembelajaran yang berpusat pada anak, yang di dalamnya terdapat kegiatan bermain. Penggunaan pembelajaran sentra, anak sebagai subyek pembelajaran dan guru sebagai motivator serta fasilitator dalam pemberian pijakan. Pijakan dalam sentra berfungsi untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan yang ada dalam diri anak. Penggunaan pembelajaran sentra balok dapat mengasah kemampuan membangun anak. Anak dapat mengembangkan kemampuan berimajinasinya melalui bangunan yang dibuatnya, seolah-olah mereka berperan sebagai seorang arsitek. Selain itu, kemampuan konsep matematika juga ikut berkembang pada saat proses membangun.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengelolaan sarana dan prasarana dalam pengembangan pembelajaran sentra balok kelompok B di PAUD Terpadu Al Furqan Jember tahun ajaran 2018/2019?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana dalam pengembangan pembelajaran sentra balok kelompok B di PAUD Terpadu Al Furqan Jember tahun ajaran 2018/2019.