Analisis Determinan Daya Saing Sektor Pariwisata Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Banyuwangi. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui identifikasi faktor penentu daya saing serta untuk
mengetahui strategi pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian yang bersifat Deskriptif
Kuantitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan data primer dan sekunder.
Dengan menggunakan alat analisis Competitiveness Monitor menurut Porter
dengan menggunakan 8 indikator yaitu Human Tourism Indicator (HTI), Price
Competitiveness Indicator (PCI), Infrastucture Development Indicator (IDI),
Environment Indicator (EI), Technology Advancement Indicator (TAI), Human
Resources Indicator (HRI), Openess Indicator (OI), Social Development Indicator
(SDI). dan Analisis SWOT untuk mengetahui faktor internal meliputi kekuatan
dan kelemahan, faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman. Dari hasil
penelitian ini disimpulkan bahwa sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi
memiliki daya saing yang baik untuk kelangsungan pertumbuhan pariwisata. Dari
kedelapan indikator tersebut menunjukkan kemampuan daya saing yang
tinggi/baik. Sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi berada dalam strategi
pertumbuhan (Growth Strategy). Pariwisata di Banyuwangi berada pada posisi
yang kuat dan berpeluang mengoptimalkan pengembangan karakteristik
pariwisata untuk menumbuh kembangkan ekonomi.