Pengembangan Algoritma Penyelesaian Rubik Standar dalam Bentuk Graf Berarah
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan suatu produk berupa algoritma penyelesain rubik standar dalam
bentuk graf berarah berbantuan software Macromedia Flash versi 8. Proses
pengembangan dari penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari
lima tahap yaitu tahap analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap
pengembangan (Develop), tahap implementasi (Implement), tahap evaluasi
(Evaluate).
Penelitian pengembangan ini menghasilkan algoritma penyelesaian rubik
standar berbentuk graf berarah menggunakan software Macromedia Flash versi 8
yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi algoritma pengembangan yang
terdiri dari aspek format, aspek isi, dan aspek bahasa termasuk pada kriteria Valid
dengan rata-rata 8,7 atau nilai koefisien korelasi 0,87 termasuk kategori “Sangat
Tinggi”. Sementara itu hasil validasi instrumen penelitian menunjukkan kategori
“Sangat Tinggi” dimana rata-rata total validasi untuk pedoman wawancara
mencapai 4,25 atau nilai koefisien korelasi 0,85. Rata-rata validasi lembar
observasi sebesar 4,1 atau nilai koefisien korelasi 0,82. Setelah algoritma sudah
mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba.
Uji coba diilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 15 dan 16 Juli
2019 di Jember. Jumlah subjek penelitian sebanyak 15 orang. Dilakukan juga
penelitian dengan memberikan angket respon pada setiap responden dan
wawancara pada 3 orang secara acak. Selama peenelitian berlangsung terdapat 5
observer yang melakukan observasi terhadap praktisi. Selama penelitian
berlangsung subjek penelitian tampak antusias dengan mendengarkan praktisi,
responden mencoba menggunakan salah satu algoritma pengembangan untuk
menyelesaikan 1 permasalahan. Responden yang mengalami kesulitan baik dalam menggunakan algoritma dibantu oleh praktisi. Setelah proses penelitian berakhir,
dilanjutkan dengan memberikan angket respon pengguna.
Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan didapatkan hasil penggunaan
algoritma penyelesaian rubik standar berbentuk graf berarah menggunakan
software Macromedia Flash versi 8 termasuk pada tingkat kepraktisan
dikategorikan baik dengan rata-rata total mencapai 4,56 atau dengan hasil
presentase mencapai 91,2%. Kemudian hasil dari analisis keefektifan algoritma
berdasarkan aspek kognitif, psikomotoik, dan afektif didapatkan pada aspek
kognitif graf dari hasil algoritma pengembangan lebih sederhana daripada graf
yang terbentuk dari hasil algoritma biasa. Aspek yang kedua, hasil analisis aspek
psikomotorik didapatkkan algoritma pengembangan memiliki rata-rata 11 langkah
lebih sedikit daripada algoritma biasa, telah dibuktikan algoritma pengembangan
juga dapat menyelsaikan setiap permasalahan. Aspek yang terakhir yaitu afektif
didapatkan hasil rata-rata total mencapai 1,89 dengan presentase sebesar 94,5%
dan dikategorikan baik.
Oleh karena itu, algoritma yang dikembangkan dapat digunakan dalam menyelesaikan rubik standar. Algoritma ini memiliki keunggulan dalam
penggunaan yaitu pengguna dapat menggunakan lebih mudah karena berasal dari
algoritma dasar.