Efektifitas Pembelajaran Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Berpikir kritis adalah kemampuan seseorang dalam merumuskan dan
memecahkan suatu masalah. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan
melalui latihan-latihan dan bimbingan. Salah satu pembelajaran fisika yang sesuai
dengan keadaan diatas adalah pembelajaran secara inkuiri, dimana dalam
pembelajaran siswa dilibatkan secara aktif untuk menemukan sendiri suatu konsep
dasar fisika secara mandiri. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang
dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
Model pembelajaran yang sesuai adalah model inkuiri terbimbing. Dalam
pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing secara tidak langsung siswa
harus mencatat dan mengingat informasi-informasi yang didapat, sedangkan
kelemahan siswa adalah dalam hal mengingat dan membuat catatan, untuk itu
penggunaan mind mapping sebagai cara mencatat dapat membantu memudahkan
siswa dalam membuat catatan dan mengingat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Mengkaji tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model
inkuiri terbimbing disertai Mind Mapping (2) Mengkaji efektifitas pembelajaran
suhu dan kalor menggunakan model inkuiri terbimbing disertai Mind Mapping
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.