Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bintang Mulia Jember
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Hotel Bintang Mulia, dan sampel yang dibutuhkan berjumlah 77 orang dan merupakan orang yang menginap di Hotel Bintang Mulia untuk pertama kalinya. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode insidental sampling atau yang disebut juga sebagai penetuan berdasarkan kebetulan saat bertemu dengan peneliti di lokasi (Hotel Bintang Mulia) dapat digunakan sebagai sampel, bila dilihat orang tersebut sesuai dengan karakteristik kuesioner maka orang tersebut dipilih sebagai salah satu responden yang dijadikan sumber data.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan pemanfatan tekologi informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, artinya semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan dan penggunaan teknoogi informasi yang maksimal, maka kepuasan konsumen akan meningkat.