• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Nor Hanivah-150210204039 Sdh.pdf (6.165Mb)
    Date
    2019-03-12
    Author
    Hanivah, Nor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat KD IPS yang berbunyi mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang, untuk mencapai KD tersebut diperlukan sebuah bahan ajar yang menarik berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang digunakan saat ini materinya sama untuk semua siswa yang ada di Indonesia sehingga kadangkala siswa mengalami kesulitan karena di sekitar kehidupan mereka tidak sama dengan yang ada di LKPD, maka perlu adanya pengembangan LKPD yang berbasis kearifan lokal daerah setempat dengan tampilan yang menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan soal-soal pada LKPD. LKPD merupakan suatu bahan ajar cetak yang berisi materi ringkasan, dan petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan siswa baik bersifat teoritis maupun praktik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tema indahnya keragaman di negeriku berbasis kearifan lokal Jember pada siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember semsester genap tahun pelajaran 2018/2019?”. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk awal, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk, dan (8) uji coba keefektifan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100128
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository