Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Siswa Kelas IV SDN Patrang 01 Jember
Abstract
Pembelajaran pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku subtema
Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat KD IPS yang berbunyi
mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan
karakteristik ruang, untuk mencapai KD tersebut diperlukan sebuah bahan ajar
yang menarik berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang
digunakan saat ini materinya sama untuk semua siswa yang ada di Indonesia
sehingga kadangkala siswa mengalami kesulitan karena di sekitar kehidupan
mereka tidak sama dengan yang ada di LKPD, maka perlu adanya pengembangan
LKPD yang berbasis kearifan lokal daerah setempat dengan tampilan yang
menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi dan
menyelesaikan soal-soal pada LKPD. LKPD merupakan suatu bahan ajar cetak
yang berisi materi ringkasan, dan petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang
harus dikerjakan siswa baik bersifat teoritis maupun praktik.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini
yaitu “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) tema indahnya keragaman di negeriku berbasis kearifan lokal Jember
pada siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember semsester genap tahun pelajaran
2018/2019?”. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
mengacu pada model pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini
terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan
pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain
produk, (5) revisi desain produk awal, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain
produk, dan (8) uji coba keefektifan.