Tingkat Keterbacaan Wacana Pada Buku Tematik Kurikulum 2013 Kelas IV SD Berdasarkan Grafik Fry
Abstract
Tingkat Keterbacaan Wacana pada Buku Tematik Kurikulum 2013 Kelas
IV SD Berdasarkan Grafik Fry; Ega Artika Devi, 150210204126; 2019: 57
halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam
kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Wacana yang terdapat pada buku teks,
haruslah wacana yang dapat dibaca dan dipahami siswa sesuai dengan jenjangnya.
Aspek keterbacaan yang kurang sesuai dengan kemampuan siswa dapat
mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami isi yang ada pada wacana
tersebut. Terkait hal tersebut kesesuaian keterbacaan wacana yang ada pada buku
siswa kelas IV edisi revisi 2017, masih kurang sesuai dengan siswa kelas IV SD.
Alasan memilih wacana yang ada pada buku siswa kelas IV, karena kelas IV SD
merupakan awal siswa belajar pada tingkat pemahaman, lebih khususnya pada
kegiatan membaca. Artinya, apabila siswa kesulitan memahami wacana-wacana
tersebut maka siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai
wacana atau materi tersebut.