dc.description.abstract | Etnomatematika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari matematika
dalam budaya. Etnomatematika dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan
oleh masyarakat dalam suatu kelompok atau suku tertentu mengenai aktivitas
menghitung, mengukur, menimbang, menyortir, pengkodean, mengelompokkan,
menyimpulkan, dan pemodelan. Etnomatematika dapat digunakan sebagai bahan
rujukan untuk menyusun soal pemecahan masalah kontekstual, namun
etnomatematika berbeda dengan pembelajaran kontekstual. Hal ini karena pada
etnomatematika terdapat ciri khas yang mendominasi yaitu “budaya” yang tidak
terdapat pada pembelajaran kontekstual biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika aktivitas pasca panen
petani tembakau masyarakat Pendalungan serta membuat produknya dalam
bentuk lembar kerja peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di desa Jenggawah Jember dan desa Ajung Jember
terhadap masyarakat Pendalungan yang berprofesi sebagai petani tembakau.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa etnomatematika pada aktivitas
yang digunakan oleh petani tembakau yakni aktivitas menghitung, aktivitas
mengukur, dan aktivitas mendesain. Etnomatematika menghitung muncul pada
aktivitas petani pada proses pengeringan, dimana petani mampu menghitung
lamanya waktu pengeringan daun tembakau. Pada proses fermentasi daun
tembakau etnomatematika menghitung juga muncul pada perhitungan lamanya
waktu yang dibutuhkan untuk fermentasi. Etnomatematika mengukur muncul
pada proses penyundukan, petani telah mampu memperkirakan panjang tali yang
dibutuhkan untuk setiap 40 lembar daun tembakau yang disujen. | en_US |