• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS IV MI BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Anisa Fajarwati_001.pdf (313.4Kb)
    Date
    2013-09-10
    Author
    ANISA FAJARWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah pada umumnya menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di MI Baitul Ridlo Umbulsari khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pokok bahasan Rantai Makanan? (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pokok bahasan Rantai Makanan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pembelajaran Model Picture and Picture mempunyai sifat yang konkret, lebih realistis, menunjukkan pokok masalah dibandingkan media verbal semata, dapat mengatasi batasan ruang dan waktu karena tidak semua benda atau objek dapat dibawa ke kelas, dapat mengatasi keterbatasan pengamatan, dan melatih berpikir logis. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dilakukan di kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember tahun pelajaran 2011/2012, dengan responden 28 siswa, yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 73,6% (termasuk kategori aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 88,2% (termasuk kategori sangat aktif). Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan atau meningkat sebesar 14,6%. Pada siklus I rata-rata hasil belajarnya 72,03, sedangkan pada siklus II 87,89, sehingga meningkat 15,86. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 57,14% tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus II mencapai 92,86%, sehingga meningkat sebesar 35,72%. Dengan demikian standar ketuntasan belajar secara klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi, sehingga penelitian ini hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Saran bagi pihak sekolah diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru, dapat menjadi masukan dalam alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan dan kualitas pembelajaran. Bagi siswa, siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dalam pembelajaran sebagai bekal untuk calon guru ( pendidik ), dan bagi peneliti lain dapat menjadi masukan untuk penelitian lebih lanjut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember pada pokok bahasan Rantai Makanan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1001
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository