dc.description.abstract | Bagaimanapun proses pembelajaran tidak dapat terlepas dari keberadaan
dan penggunaan teknologi. Pada saat ini perkembangan teknologi memasuki
revolusi industri keempat yang lebih dikenal dengan revolusi industri 4.0. revolusi
ini dimulai dengan revolusi internet pada tahun 90-an yang ditandai dengan
munculnya internet of thing dimana segala sesuatu berbasis digital. Pada revolusi
ini, segala sesuatu menjadi tanpa batas dengan daya komputasi serta data yang
tidak terbatas. Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi dengan
ditandai pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi, maka konsepsi
penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan
pembelajaran modern. Hal ini menuntut kemampuan, pengetahuan, dan kearifan
pendidik untuk memilih dan memilah informasi yang benar-benar bermanfaat
bagi kepentingan proses pembelajaran.
Berdasarkan pemaparan di atas, maka perlu dilakukan penelitian
pengembangan media interaktif online. Penelitian yang dilakukan yaitu berjudul
“Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif online Menggunakan ClassFlow
Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah”. Proses
pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan atau
model 4-D yang telah dimodifikasi. Model pengembangan ini terdiri dari empat
tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate).
Kegiatan pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi
media pembelajaran yang terdiri dari aspek isi (materi dan soal), kebahasaan, dan
format termasuk pada kriteria valid dengan nilai koefisien korelasi pengembangan
media pembelajaran sebesar 0,91 termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Setelah
media pembelajaran sudah mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba. Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 6 SMAN 1
Jember. Pertemuan pertama pada hari Jumat, 23 Mei 2019, dengan aktivitas
pengenalan media pembelajaran interaktif online menggunakan ClassFlow
berbantuan software GeoGebra pada materi integral luas daerah dan pembuatan
akun pesera didik. Pada saat pembuatan akun tidak ada kendala karena mayoritas
peserta didik telah memiliki alamat G-mail sehingga proses untuk masuk kelas
tidak ada hambatan. Kendala dalam pertemuan pertama yaitu jadwal penggunaan
LAB. Komputer yang berbarengan dengan jadwal mengajar guru, sehingga
pembuatan pertemuan pertama dilaksanakan di ruang kelas dan menggunakan
laptop pribadi. Pada pertemuan ini peserta didik diberi materi awal untuk sedikit
mengingat materi integral yang telah diajarkan sebelumnya oleh guru, kemudian
peserta didik mulai membuka dan mengoperasikan materi berbantuan GeoGebra
online yang telah ditautkan ke dalam grup kelas online. Selama pembelajaran
berlangsung peserta didik tampak antusias, mengikuti arahan dalam menggunakan
media. Pertemuan kedua hari Selasa, 28 Mei 2019, aktivitas yang dilakukan yaitu
mengerjakan latihan soal-soal pada media GeoGebra. Setelah proses
pembelajaran berakhir, dilanjutkan dengan tes hasil belajar, dimana tes
dilaksanakan secara online melalui ClassFlow. Terdapat 10 soal yang harus
dikerjakan oleh peserta didik dalam waktu selama 60 menit. Kemudian peserta
didik diberi angket untuk mengisi respon pengguna
Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket
respon pengguna media dengan nilai presentase respon angket terhadap media
pembelajaran yaitu 92,64% termasuk kategori “Sangat Baik”. Persentase
ketuntasan hasil belajar peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu
sebesar 80,65% atau 25 dari 31 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data
tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif online
menggunakan ClassFlow berbantuan software GeoGebra pada materi integral
luas daerah telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. | en_US |