Show simple item record

dc.contributor.advisorSUKIDIN
dc.contributor.advisorHARTANTO, Wiwin
dc.contributor.authorSARIFAH, Nurus
dc.date.accessioned2020-07-27T06:36:57Z
dc.date.available2020-07-27T06:36:57Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100070
dc.description.abstractKepatuhan wajib pajak dapat diartikan sebagai suatu tindakan dimana wajib pajak melaksanakan seluruh kewajiban sesuai dengan peraturan perundangundangan perpajakan yaitu patuh dalam mendaftarkan diri, menghitung, menyetorkan, dan melaporkan seluruh kewajiban pajak secara tepat. Rahayu (2017: 196) menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak yaitu kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan. Artinya, apabila seorang wajib pajak memiliki kesadaran yang tinggi dan kualitas pelayanan yang diberikan petugas pajak baik maka akan berpengaruh pada meningkatnya kepatuhan wajib pajak. Tingkat kesadaran wajib pajak kendaraan bermotor lima tahunan di Samsat Soebandi belum maksimal. Diketahui bahwa jumlah wajib pajak kendaraan bermotor lima tahunan yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Soebandi setiap tahun semakin meningkat akan tetapi jumlah wajib pajak yang sadar untuk membayarkan kewajiban pajaknya berkurang. Per September 2019 tercatat bahwa tercatat ada sebanyak 326.887 wajib pajak yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Soebandi Kabupaten Jember, akan tetapi jumlah wajib pajak kendaraan bermotor lima tahunan yang melakukan kewajibannya sebanyak 209.461 wajib pajak. Artinya, terdapat 117.426 wajib pajak kendaraan bermotor lima tahunan yang tidak melakukan kewajibannya. Petugas pajak mengungkapkan bahwa setiap tahun jumlah wajib pajak semakin meningkat akan tetapi jumlah wajib pajak yang sadar untuk membayarkan kewajiban pajaknya berkurang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik yang berupa angka-angka dan kemudian dianalisis dalam bentuk uraian. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu kesadraan wajib pajak (X1), kualitas pelayanan (X2) dan satu variabel terikat yaitu kepatuhan wajib pajak (Y). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sampling purposive dengan pertimbangan khusus responden yang dijadikan sampel adalah wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Soebandi Jember dan wajib Pajak yang melakukan pelayanan pajak kendaraan bermotor lima tahunan yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan obsevasi. Teknik pengolahan data yang digunakan terdiri dari editing, skorsing,dan tabulasi. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji multikolonearitas, uji heteroskedastisitas. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji t, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak baik itu secara simultan maupun parsial. Pada Uji determinan diketahui kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 61,6% terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Sumbangan efektif variabel kesadaran wajib pajak sebesar 46,9% sedangkan variabel kualitas pelayanan sumbangan efektifnya sebesar 14,7%. Adapun saran untuk Kantor Bersama Samsat Soebandi untuk meningkatkan kualitas pelayanan baik berupa peningkatan sumber daya manusia maupun fasilitas. Bagi wajib pajak hendaknya dapat meningkatkan kepatuhan perpajakan dengan meningkatkan kesadaran dan menambah pengetahuan perpajakan. Bagi penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel penelitain serta menambah variabel untuk diteliti seperti sosialisasi, sanksi perpajakan, pendapatan wajib pajak, dan sebagainya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210301002;
dc.subjectPengaruh Kesadaranen_US
dc.subjectWajib Pajaken_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectKepatuhanen_US
dc.subjectPajak Kendaraanen_US
dc.titlePengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record