Elemen Sematik Wacana Iklan Jual Beli Tanah Pada Media Sosial Facebook Di Kabupaten Jember
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi yang semakin canggih membuat media sosial sangat beragam, sehingga media sosial saat ini digunakan sesuai dengan kebutuhan manusia. Saat ini media sosial banyak digunakan oleh perorangan dan kelompok lebih khususnya digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Iklan memegang peranan penting dalam promosi, karena iklan merupakan sarana untuk menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat. Iklan juga cenderung melebih-lebihkan termasuk pada iklan jual beli tanah yang terdapat di media sosial Facebook. Penelitian ini mendeskripsikan (1) latar wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember; (2) detail wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember; (3) maksud yang disampaikan dalam wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa tulisan iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi : (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan elemen semantik yang meliputi, latar, detail dan maksud dalam wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember. Pada elemen latar dalam wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember terdapat latar peristiwa, dan latar investasi bisnis. Elemen latar yang disampaikan dalam wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember disampaikan secara detail lengkap, detail tidak lengkap, detail ajakan, detail tujuan dan detail dorongan mengenai informasi-informasi yang diiklankan. Detail yang terdapat pada iklan mengandung maksud tertentu yang digunakan sebagai strategi penulis untuk menarik minat konsumen dengan menggunakan kalimat yang menarik. Maksud tersebut diutarakan dengan penyampaian maksud eksplisit.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan untuk mengembangkan penelitian ini sebagai materi pada pembelajaran tentang menulis iklan. Contohnya pada materi membaca kritis teks iklan pada Sekolah Menengah Pertama (SMA) kelas XI. Guru dapat mengaitkan elemen-elemen semantik yang dibahas seperti konteks, latar, maksud, detail, yang berkaitan dengan pembelajaran, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan oleh guru dan juga dapat menjadi pribadi yang cerdas dan dapat memahami iklan dengan benar sehingga tidak mudah tertipu oleh iklan. Bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan untuk hasil penelitian ini sebagai diskusi dalam menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah Analisis Wacana Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bagi peneliti selanjutnya sebidang ilmu, peneliti ini lebih befokus pada elemen semantik yang meliputi latar, detail dan maksud yang terdapat dalam wacana iklan jual beli tanah pada media sosial Facebook di Kabupaten Jember. Oleh karena itu penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk melakukan penelitian lain yang sejenis dengan bahasan yang lebih luas dan mendalam pada aspek-aspek penelitian analisis wacana dalam beberapa objek penelitian.