PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 2 TEMPEH
Abstract
Fisika  merupakan  salah  satu  mata  pelajaran  yang  sulit  untuk  dipelajari. 
Salah  satu  penyebab  sulitnya  mempelajari  fisika  adalah  penggunaan  model 
pembelajaran yang monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan siswa 
merasa bosan dan kesulitan dalam mempelajari fisika. 
 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan guru fisika SMP 
Negeri  2  Tempeh  ditemukan  bahwa  aktivitas  belajar  fisika  masih  tergolong 
rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang 
memperhatikan  guru.  Aktivitas  siswa  yang  memperhatikan  penjalasan  guru 
45,83%,  mengajukan  pertanyaan  37,5%,  keaktifan  dalam  berdiskusi  45,83%, 
kemampuan  dalam  mengemukakan  pendapat  37,5%,  kerjasama  antar  kelompok 
54,17%,  dan  kemampuan  siswa  dalam  menjawab  pertanyaan  48,61%.  Selain  itu, 
ketuntasan hasil belajar  fisika kelas VII H juga masih rendah. Hal ini dibuktikan 
dengan  banyaknya  siswa  yang  tidak  memenuhi  Kriteria  Ketuntasan  Minimal 
(KKM).  Siswa  yang  dapat  dinyatakan  tuntas  belajar  hanya  37,5%  mengingat 
KKM  yang  harus  ditempuh  siswa    agar  dapat  dikatakan  tuntas  dalam 
pembelajaran yaitu minimal memperoleh nilai ≤ 70.  Rendahnya  ketuntasan  hasil 
belajar siswa kelas VII H menunjukkan siswa kurang menguasai konsep fisika. 
Dari  hasil  identifikasi  masalah  di  atas,  maka  perlu  dilakukan  penelitian 
tindakan kelas yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT 
disertai  media  ular  tangga.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Untuk 
mendeskripsikan  peningkatan  ketuntasan  hasil  belajar  fisika  dengan  model pembelajaran  kooperatif  tipe  TGT  disertai  media  ular  tangga  pada  kelas  VII  H 
SMP Negeri 2 Tempeh; (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan 
model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TGT  disertai  media  ular  tangga  pada  kelas 
VII H SMP Negeri 2 Tempeh.  
Penelitian  ini  dilakukan  di  Kelas  VII  H  SMP  Negeri  2  Tempeh.  Jenis 
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data 
dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,  wawancara,  post-test  dan  dokumentasi.  
Teknik  Analisis  data  menggunakan  analisis  statistik  deskriptif.  Persentase 
aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan  aktivitas belajar siswa 
antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar 
digunakan  untuk  mengetahui  peningkatan  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  antara 
pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. 
Dari  hasil  analisis  kegiatan  observasi  didapatkan  bahwa  pada  siklus  I 
besarnya  persentase  aktivitas  belajar  siswa  secara  klasikal    mengalami 
peningkatan  dengan  besarnya  persentase    aktivitas  belajar  siswa  69,04%  dan 
termasuk dalam  kategori aktif. Pada siklus 2 besarnya persentase secara klasikal 
aktivitas  belajar  siswa  secara  individu  meningkat  menjadi  83,33%  dan  termasuk 
dalam  kategori  sangat  aktif.  Dengan  demikian  aktivitas  belajar  siswa  secara 
keseluruhan  pada  siklus  1  dan  siklus  2  dapat  dinyatakan  telah  mengalami 
peningkatan  dibandingkan  dengan  sebelum  adanya  tindakan.  Persentase 
ketuntasan  hasil  belajar  juga  mengalami  peningkatan.  Pada  siklus  1  besarnya 
presentase  ketuntasan  hasil  belajar  menjadi  58,33%  dan  pada  siklus  2  sebesar 
87,5%. 
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian 
ini  adalah  :  (1)  Model  pembelajaran  kooperatif  tipe  TGT  disertai  media  ular 
tangga dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII H SMP Negeri 
2  Tempeh  semester  ganjil  tahun  ajaran  2010/2011  dengan    peningkatan  pada 
kategori sangat aktif; (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media 
ular tangga dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII H 
SMP  Negeri  2  Tempeh  semester  ganjil  tahun  ajaran  2010/2011  dengan 
peningkatan pada kategori sedang.
