• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 2 TEMPEH

    Thumbnail
    View/Open
    Kristin Anom_001.pdf (1.057Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Kristin Anom Hartanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Salah satu penyebab sulitnya mempelajari fisika adalah penggunaan model pembelajaran yang monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan dan kesulitan dalam mempelajari fisika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan guru fisika SMP Negeri 2 Tempeh ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan guru. Aktivitas siswa yang memperhatikan penjalasan guru 45,83%, mengajukan pertanyaan 37,5%, keaktifan dalam berdiskusi 45,83%, kemampuan dalam mengemukakan pendapat 37,5%, kerjasama antar kelompok 54,17%, dan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan 48,61%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar fisika kelas VII H juga masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang dapat dinyatakan tuntas belajar hanya 37,5% mengingat KKM yang harus ditempuh siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran yaitu minimal memperoleh nilai ≤ 70. Rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII H menunjukkan siswa kurang menguasai konsep fisika. Dari hasil identifikasi masalah di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga pada kelas VII H SMP Negeri 2 Tempeh; (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga pada kelas VII H SMP Negeri 2 Tempeh. Penelitian ini dilakukan di Kelas VII H SMP Negeri 2 Tempeh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa pada siklus I besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dengan besarnya persentase aktivitas belajar siswa 69,04% dan termasuk dalam kategori aktif. Pada siklus 2 besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa secara individu meningkat menjadi 83,33% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Dengan demikian aktivitas belajar siswa secara keseluruhan pada siklus 1 dan siklus 2 dapat dinyatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 besarnya presentase ketuntasan hasil belajar menjadi 58,33% dan pada siklus 2 sebesar 87,5%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Tempeh semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan peningkatan pada kategori sangat aktif; (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT disertai media ular tangga dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Tempeh semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan peningkatan pada kategori sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10002
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository