PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA DI HOMESCHOOLING (Studi Kasus Di Sekolah Dolan Merjosari Kabupaten Malang )
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan sosial anak
dapat berkembang melalui metode pembelajaran karyawisata di homeschooling
komunitas Sekolah Dolan, Merjosari Kabupaten Malang yang melibatkan anak-anak
usia prasekolah (3-6 tahun), orang tua serta pamong belajar sebagai informan kunci
dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Data diperoleh menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi yang disusun dengan pendekatan deskriptif
kualitatif, dengan jenis studi kasus. Analisis data menggunakan model interaktif
Milles dan Hubberman yang disajikan dalam bentuk tabel chek dan prosentase yang
kemudian dikualifikasikan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan karyawisata anak dapat
memperoleh pengalaman belajar langsung di lingkungan nyata (teori belajar
konstruktivisme), sesuai dengan konsep belajar learning by experience. Metode
pembelajaran karyawisata dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak, yang
ditandai dengan indikator menjalin hubungan, kerjasama, empati dan mengatasi
masalah. Pembelajaran yang turut melibatkan orang tua dalam pelaksanaannya
menjadikan anak dapat menerima pelajaran secara penuh baik di rumah dan di
sekolah. Interaksi yang dilakukan saat berkaryawisata tidak hanya dengan teman
sebaya dalam satu komunitas, melainkan juga bergabung dengan sekolah lain dan
orang-orang sekitar yang dijumpai saat berkaryawisata.